Bank Indonesia perwakilan Maluku menginisiasi pembelian minyak goreng kemasan satu liter senilai Rp1 dengan menggunakan  sistem pembayaran  Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS pada kegiatan Maluku Manggurebe di Taman Pattimura Kota Ambon.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah di Ambon, Sabtu menyampaikan pihaknya terus mendorong masyarakat untuk manfaatkan pembayaran nontunai QRIS sebagai alat pembayaran.

"Hal tersebut  merupakan bagian dari  upaya menyosialisasikan  transaksi digital melalui QRIS,  serta mendorong pencapaian  target layanan digital , baik di tingkat nasional maupun di Maluku," kata dia.

 Ia menyebutkan saat ini sudah ada  52.000 merchant QRIS  yang selama ini terus  digenjot, karena memudahkan para pengguna terutama pedagang termasuk pembeli.

"Pakai QRIS lebih  efisien dan merupakan gaya  hidup yang kekinian, sebab anak-anak muda sekarang rata-rata sudah tinggal membawa HP saja, bahkan kalau HP tinggal orang jadi panik ketimbang ketinggalan dompet," ujarnya.

Pada kegiatan Maluku Menggurebe yang dilaksanakan BI Perwakilan Maluku, para pembeli bisa memanfaatkan pembayaran non tunai di setiap stand UMKM.

Warga kota Ambon terlihat  antusias mentebus minyak goreng kemasan satu liter dijual dengan harga Rp1 menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS tersebut .


Untuk bisa mendapatkan satu  liter minyak goreng seharga Rp1, warga memanfaatkan berbagai aplikasi maupun mobile banking yang tersedia fitur QRIS.

"Dengan Rp1 kita bisa mendapatkan minyak goreng satu liter yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga minyak goreng di pasaran yang saat ini berada di kisaran Rp20ribu," kata salah satu pengunjung Mona.


Ia mengatakan, tebus minyak goreng menggunakan QRIS sangat murah, cukup menunjukkan KTP kepada petugas dan melakukan pemindaian  Rp1.

"Kehadiran QRIS memudahkan transaksi bagi penjual atau pembeli, kita juga tidak perlu khawatir jika ketinggalan dompet atau kartu debit, karena bisa transaksi tanpa kartu dengan teknologi klik dan scan kode QR," katanya.


 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023