Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Maluku Mercy Chriesty Barends memberikan pelatihan pemasaran digital kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Ambon.

Analisis Anggaran Ahli Madya Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, Ahmad Muntako menyatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam mempromosikan produk di era digital saat ini.

Setiap bentuk informasi yang dibutuhkan saat ini sangat gampang untuk diketahui, bahkan rata-rata semua orang sudah memiliki akses, salah satunya melalui handphone.

"Pasar pelaku UMKM adalah dunia maya, ketika mereka sudah masuk ke dunia maya sudah masuk ke dunia digital apapun produknya, mau tidak mau suka tidak suka masuk ke dunia digital," katanya.

Anggota DPR-RI Komisi VII asal Maluku, Mercy Chriesty Barends menyatakan,  pelatihan merupakan bentuk kerja sama BRIN untuk memberikan edukasi di era digitalisasi.

Literasi digital marketing katanya, harus didukung infrastruktur untuk pengembangan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produk.

"Tantangan kita di Maluku tidak semua pelaku UMKM memiliki literasi digital yang baik, selain itu tidak semua Kabupaten memiliki perangkat teknologi yang layak yang bisa mengakses teknologi, karena tidak ada jaringan telekomunikasi dan jaringan listrik PLN," katanya.

Selanjutnya belum adanya payung hukum di setiap daerah di Maluku, untuk memproteksi pelaku UMKM khususnya yang berbasis online.

"Kita harus punya perda untuk melindungi pelaku usaha, sehingga pelaku UMKM bisa menjalankan usaha dengan baik," katanya.

Mercy menambahkan, pelatihan digital marketing merupakan program kerja sama Komisi VII DPR-RI dengan BRIN bagi pelaku UMKM di Kota Ambon.

Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan literasi digital secara baik, sehingga mampu bersaing di dunia maya dalam mempromosikan produk.

"Selain itu pelaku UMKM memahami bagaimana cara mengakses pasar digital, kemudian keamanan akun bisa terjaga dengan baik," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023