Ternate (Antara Maluku) - Sejumlah veteran Perang Dunia II yang tiba di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, akan melakukan napak tilas dalam memeriahkan pelaksanaan Sail Morotai 2012.

Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai Revi Dara mengatakan di Daruba, ibu kota Kabupaten Pulau Morotai, Kamis, para tentara veteran Perang Dunia II telah tiba di Pulau Morotai setelah melakukan perjalanan dari Kota Ternate.

"Jumlah veteran yang datang sebanyak 46 orang ditambah tim peneliti yang jumlahnya 100 orang," katanya.

Untuk di Morotai nantinya, napak tilas akan dilakukan mulai dari tempat tinggal mereka di penginapan dan fasilitas yang akan menjadi kebutuhan mereka.

Menurut dia, para veteran PD II yang akan datang berasal dari beberapa negara di antaranya Australia, Jepang, Amerika Serikat, dan veteran dari Indonesia.

Aktivitas yang akan dilakukan para veteran antara lain pada 13 September 2012 napak tilas di sejumlah tempat yang dulunya pernah mereka datangi pada saat terjadi Perang Dunia II.

Selain itu, untuk jalur laut saat napak tilas nantinya mereka  akan menggunakan Kapal Baruna Jaya.

Pada pada 14 September, akan melakukan penelitian di sejumlah tempat di antaranya Pulau Zum-Zum, Air Kaca, museum PD II dan tempat-tempat lain yang dulunya adalah tempat dimana terjadi PD II.

"Itu agenda mereka, jadi pemerintah daerah akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012