Ambon (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Rabu melepas 333 orang  Jamaah Calon Haji (Calhaj) asal kota Ambon menuju embarkasi Makasar, Sulawesi Selatan.

Ke-333 orang Calhaj yang masuk dalam Kelompok Penerbangan (Kloter) 18 dan akan berangkat menuju embarkasi Makasar pada 29 September 2012 itu terbagi atas dua gelombang penerbangan, pagi dan siang, menggunakan pesawat Lion Air.

Wali kota dalam sambutannya berharap Calon Haji (Calhaj) asal kota Ambon semuanya dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan ibadah haji di tanah suci dengan baik tanpa gangguan apapun.

"Saya minta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Ambon dengan berdoa bersama agar perjalanan saudara - saudara ke tanah suci berjalan dengan baik sampai pada waktu kembali juga dengan selamat," ujarnya.

Ia berharap, para jamaah sekembali dari ibadah haji dapat memberikan kontribusi yang positif bagi terwujudnya kota Ambon yang aman, damai bagi warga kota Ambon.

"Harus ada kontribusi, supaya mempercepat pemulihan kota ini dari keterpurukan akibat hujan dan banjir beberapa waktu lalu yang membuat sejumlah keluarga kehilangan sanak saudara dan tempat tinggal," katanya.

Louhanapessy juga meminta para jamaah menjalani prosesi ibadah haji dengan sebaik - baiknya.

"Ambillah pelajaran dari setiap proses ibadah haji yang akan saudara jalani agar sekembalinya ke kota Ambon bisa menebar nilai - nilai persaudaraan, perdamaian dan cinta kasih kepada masyarakat di kota ini," katanya.

"Kami menunggu kedatangan saudara - saudara  dengan penuh pengharapan dan semangat membangun kota ini menjadi Ambon manise,  Ambon yang aman,"ujarnya.

Kepala staf Penyelenggara Haji kota Ambon Hanafi Kasim, yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) kota Ambon pada acara pelepasan itu mengatakan, 333 orang Calhaj kota Ambon yang tergabung dalam kloter 18 terdapat jamaah yang paling tua atas nama Fattima Makatita (88) dan yang usia termuda kali ini atas nama Nur Sahria Ali Binti la ali (20).

"Mereka ini akan berangkat menuju embarkasi Makasar pada 29 September 2012 yang dibagi dalam dua kali penerbangan yakni pagi dan siang hari dengan menumpangi jasa  penerbangan Lion Air,"        ujarnya.

Sedangkan keberangkatan menuju tanah suci mekah pada 1 Oktober 2012.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012