Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan Perikanan (BP2MHKP) Ambon mengedukasi nelayan di Maluku Tengah (Malteng) tentang cara menangkap ikan yang baik dan benar untuk meningkatkan produktivitas komoditas perikanan di daerah itu.

“Ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran pemahaman dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya menjaga mutu ikan dari hasil tangkapan yang dilakukan dalam rangka memeriahkan bulan mutu karantina tahun 2023,” ucap Kepala BP2MHKP Ambon, M. Hatta Arisandi dalam keterangan di Ambon, Senin.

Kegiatan itu mengusung tema peran BP2MHKP dalam penjaminan ikan sehat, bermutu dan bebas mikroplastik.

Hatta melanjutkan kegiatan bulan mutu dan karantina tahun 2023 merupakan yang kedelapan dan sudah dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada 19 Maret 2023 di Semarang dan masih berlangsung sampai sekarang.

“Dalam pelatihan yang diikuti oleh 100 nelayan di Maluku tengah itu. Para nelayan dibekali dengan berbagai macam cara menangkap ikan menggunakan alat yang dipakai untuk melaut sehari hari yaitu jaring,” katanya.

Pelatihan cara menangkap ikan tersebut penting dilakukan lantaran Provinsi Maluku sendiri merupakan provinsi kepulauan dengan tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) RI yang salah satunya berpusat di Banda Naira Maluku tengah.

“Ada tiga wilayah pengelolaan perikanan RI di Maluku yaitu WPP 714 Laut Banda, WPP 715 Laut Seram dan WPP 718 potensi perikanan yang dimiliki dari ketiganya sekitar 4.386 ton atau 36 persen dari potensi perikanan di Indonesia,” ucapnya.

Selain edukasi cara menangkap ikan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BP2MHKP Ambon untuk memeriahkan bulan mutu karantina 2023 diantaranya, peluncuran aplikasi Layanan mudah dan gampang (Lamadang), Posko Lamadang, Pelayanan tim Tatihu, kampanye publik, quiz tupoksi BP2MHKP, BP2MHKP goes to school, senam bersama dan temu wicara

Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan bimbingan teknis ini dapat meningkatkan pemahaman bagi pelaku perikanan khususnya nelayan di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, sehingga ikan hasil tangkapan nelayan di daerah itu memiliki mutu dan kualitas yang baik.

Kegiatan dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Maluku Abdullah Tuasikal, Kasubag Umum BP2MHKP Irawan F. Fakaubun, berserta jajaran.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023