Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan memastikan situasi Kamtibmas di Maluku Utara tetap terjaga jelang Pemilu 2024 dengan melakukan pengecekan langsung ke Ternate.

"Kami telah sampaikan ke tim Kemenkopolhukam terkat persiapan yang tengah dilakukan Polda Malut dan Jajaran menjelang pemilihan umum yakni Pengamanan dan patroli intensif untuk memastikan kelancaran proses pemilihan," kata Wakapolda Malut, Brigjen Pol Samudi di Ternate, Kamis.

Polda Maluku Utara juga mencatat bahwa masalah keamanan yang dihadapi mencakup permasalahan minuman keras, penipuan, dan penggelapan, sementara kasus narkoba relatif rendah.

Untuk Kejahatan khusus saat ini difokuskan pada penyebaran berita palsu atau hoaks, dan untuk mengatasi hal ini, Polda telah membentuk unit khusus yang terus mengawasi dan melakukan patroli cyber, terutama di media sosial.

Selain itu, masalah tambang ilegal juga menjadi perhatian serius Polda Malut, yang aktif melakukan pemantauan dan tindakan penindakan terhadap aktivitas tambang yang melanggar regulasi. Upaya ini diambil untuk memastikan kepatuhan terhadap hirarki regulasi yang ada.

Wakapolda Malut juga menginformasikan bahwa telah dilakukan deklarasi damai kamtibmas yang melibatkan tokoh adat, agama, dan pimpinan perusahaan dalam upaya menjaga wilayah Malut bersama-sama.

Menurutnya, ekonomi adalah pondasi kesejahteraan masyarakat, dan pihaknya akan menindaklanjuti aduan masyarakat terkait aspek ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, ia menegaskan bahwa tidak ada oknum aparat yang boleh melanggar aturan, terutama terkait masalah tambang, penekanan pada hirarki regulasi menjadi fokus untuk memastikan kepatuhan aturan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023