Kelompok Usaha Cahaya binaan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan panen raya cabai di Dusun Taeno Atas, Negeri Rumah Tiga, Kota Ambon, Maluku

"Kelompok Usaha Cahaya menuai benihnya melalui program nasional YBM Gencar Mengabdi untuk Negeri", " kata General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, di Ambon, Senin. 

Kegiatan panen raya cabai Kelompok Usaha Cahaya berhasil memanen Cabai sebanyak 15 kali pada  2023,cCabai ini dijual dengan harga Rp50 hingga Rp100 ribu per kilogram. 

Ia mengatakan, Dusun Taeno Atas merupakan kawasan yang jarang ditargetkan sebagai sasaran penyaluran bantuan, melalui program YBM PLN UIW MMU yang disalurkan sejak 2022 , masyarakat setempat diberdayakan di sektor pertanian. 

Adapun bantuan pertanian yang disalurkan PLN UIW-MMU kepada Kelompok Usaha Cahaya ini mulai dari bibit cabai dan sayuran, tandon air, pipanisasi ke masing-masing kebun, hingga satu  unit kecil traktor bajak kebun.

Kelompok Usaha Cahaya memulai dengan tiga kelompok, tetapi seiring waktu berkembang menjadi lima kelompok. Begitupun dengan perkembangan usaha mereka, yang awalnya bekerja sebagai petani saja, kini mereka telah berkembang sebagai pengepul sayuran. 

Target pasarnya pun semakin meluas, hasil panen tak hanya dijual di dusun tetangga saja, melainkan hingga ke pasar-pasar modern di Kota Ambon hingga swalayan modern.

Awat berharap, melalui kegiatan panen raya cabai dapat membawa berkah dan manfaat bagi semua pihak, terutama masyarakat penerima manfaat.

Melihat subur dan baiknya pertumbuhan cabai yang dimiliki Kelompok Usaha Cahaya, maka sepatutnya produk cabai yang dipanen memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan kualitas cabai dari luar.

"Kita perlu mendukung Kelompok Usaha ini agar dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk dalam hal penanaman, pemupukan, pemeliharaan maupun pemasaran," katanya. 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dapat memberikan peluang kerja sama juga dengan pasar modern di Kota Ambon dan sekitarnya, sehingga produk cabai yang ditanam ini dapat didistribusikan secara lebih masif lagi. 

"Semoga acara ini dapat membawa manfaat kepada seluruh pihak sehingga panen raya dan pemberian bantuan tidaklah sia-sia, melainkan menjadi ladang amal dan keberkahan bagi kita semua," Kata Awat.

Bersamaan dengan panen raya cabai, PLN UIW MMU juga mencanangkan program tali Asih bersama mahasiswa gencar, dengan memberikan bantuan diberikan kepada 100 guru honorer dan kaum dhuafa. 

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam hal pemberdayaan kelompok usaha, maupun peningkatan jiwa sosial dan kemanusiaan dalam berbagi bersama dengan yang membutuhkan," ujarnya. 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023