Jakarta (Antara Maluku) - Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan, dan instansi lain terkait adanya zat baru dalam pemeriksaan kasus narkoba artis Raffi Ahmad dan sembilan orang rekannya.

"Sekarang sedang dilakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, BPOM dan ini memang turunan dari kimia memang mudah sekali dipecah unsur-unsurnya dan itu akan dijelaskan kepala laboratorium," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN, Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di Jakarta, Selasa.

BNN saat ini belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka,  dan ada lima yang positif menggunakan narkotika dan dua positif menggunakan zat yang baru yang secara kimia disebut sebagai 3,4 Methylene Dioxy Methacathinone, katanya.

"Sampai saat ini yang positif seperti itu tadi,  itu bukan narkoba jenis baru, tapi zat baru. Dan masih dikoordinasikan dengan instansi terkait, karena mereka yang lebih berkompeten," kata Sumirat.

BNN hari Selasa siang telah memulangkan tujuh orang yang dipulangkan tersebut yakni pasangan suami istri artis Irwansyah dan Zaskia Sungkar, kemudian lima orang lainnya yakni Furqi, Roni Wijaya, Mira, Muhammad dan Nafi. BNN juga menyerahkan surat kepada masing-masing pihak yang dipulangkan.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013