Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan konsep pengelolaan bank sampah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Menteri Lingkungan Hidup telah berkoordinasi dengan kami supaya dibuatkan bank sampah di Ambon. Hal tersebut masuk dalam rencana Pemkot tahun 2013," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Rabu.

Menurut dia, Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dinas Kebersihan Kota Ambon telah menyiapkan konsep pengelolaan bank sampah.

Richard mengatakan, konsultan UI bersama pengelola bank sampah dari Jawa barat akan melakukan sosialisasi kepada tim PKK dan dasawisma di Kota Ambon. Sosialisasi dilakukan secara terpadu agar sampah dapat memberikan manfaat ekonomi kepada ibu rumah tangga maupun remaja.

"Pengalaman membuktikan manfaat bank sampah sangat positif, karena  hasilnya bisa dipakai untuk biaya anak sekolah, dan keperluan rumah tangga lainnya," ujarnya.

Richard menambahkan, pembangunan bank sampah tahap pertama diharapkan selasai dan diresmikan saat Hari Ulang Tahun Kota Ambon tanggal 6 September 2013.


Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013