Los Angeles (Antara Maluku) - Anne Hathaway memenangi Piala Oscar pertamanya pada Minggu melalui perannya sebagai Fantine dalam film "Les Miserables" yang diadaptasi dari novel epik tahun 1862 karya penulis Prancis Victor Hugo.

Hathaway (30 tahun) berjaya dalam Academy Award melalui kategori Aktris Pendukung terbaik.

Sebelum menjalani perannya, Hathaway melakukan diet ketat menurunkan berat badan 11 kilo dengan mengonsumsi pasta serat gandum atau oatmeal.

Selain itu, dia rela memotong rambut panjangnya dan menghabiskan enam bulan mendalami akting menangis dengan sempurna termasuk menyanyi lagu sendu "I Dreamed a Dream" yang menyayat hati.

"Hal itu jadi nyata," kata Hathaway saat menerima piala penghargaan.

"Terima kasih banyak sudah menjadikan saya nominee. Ini kehormatan untuk saya," kata Hathaway.

"Terima kasih Hugh Jackman. Kau yang terbaik," tambahnya kepada rekannya di film yang sama.

Dia mengatakan peran Fantine sebagai seorang wanita kelaparan yang masuk dunia prostitusi mudah dipahami karena memiliki hubungan dalam kehidupannya.

Hathaway terakhir melihat ibunya saat berusia 7 tahun dan dia bisa berempati dengan kisah Fantine.

"Ke depannya saya berharap kisah Fantine hanya ditemukan dalam kisah fiksi dan tidak akan pernah ditemukan dalam kehidupan nyata," kata Hathaway.

Bintang film "Les Miserables" termasuk Hathaway dan nominasi Aktor Terbaik Hugh Jackman harus menjalani audisi ketat dan gladi resik agar bisa tampil sempurna di depan kamera saat menjadi penyanyi panggung.

Pengorbanan mereka terbayar. Karya audio visual itu masuk ke dalam jajaran film box office begitu juga dengan lagu pengiring film itu laris dalam tangga lagu di Amerika Serikat dan Inggris Raya.

Rivalnya dalam kategori Artis Pendukung Terbaik seperti Sally Field, Helen Hunt, Amy Adams dan Jacki Weaver harus mengakui keunggulan Hathaway.

Hathaway sempat menjadi nominator Aktris Terbaik pada tahun 2010 melalui film "Rachel Getting Married".

Dia juga dikenal melalui perannya dalam "The Princess Diaries," "Brokeback Mountain," "The Devil Wears Prada," dan "The Dark Knight Rises."
    

Pewarta: Reuters

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013