Los Angeles (Antara Maluku) - Argo, film yang berkisah tentang penyanderaan memenangi Piala Oscar ke-85 kategori Film Terbaik, sementara itu Ang Lee menciptakan kejutan setelah dinobatkan sebagai Sutradara terbaik untuk judul "Life of Pi", Senin.

"Terdapat delapan film lain yang juga hebat untuk meraih piala ini," kata Ben Affleck, produser dan sutradara "Argo.

Kejutan lain terjadi setelah wanita nomor satu Amerika Serikat Michelle Obama membacakan "Argo" sebagai pemenang salah satu kategori Oscar itu dari Gedung Putih.

"Argo" juga menyabet predikat film dengan penyuntingan dan skenario adaptasi terbaik. Film itu berkisah tentang misi agen intelijen AS CIA dalam menyelamatkan enam diplomat AS di Teheran semasa Revolusi Islam berlangsung di Iran.

Sementara itu, Daniel Day-Lewis mencetak sejarah Oscar dengan menyabet tiga gelar Aktor Terbaik Oscar melalui perannya sebagai Presiden Abraham Lincoln dalam film "Lincoln".

"Saya tidak tahu bagaimana ini bisa terjadi," kata Day-Lewis.

Jennifer Lawrence memenangi gelar Aktris Terbaik lewat peran sebagai janda enerjik dalam komedi "Silver Linings Playbook". Dia sempat tersandung gaun yang dikenakannya saat menuju panggung untuk menerima penghargaan.

Lawrence mengalahkan pesaing dekatnya seperti Jessica Chastain dan Emmanuelle Riva.

Ang Lee, sutradara asal Taiwan tanpa diduga menyingkirkan sutradara kawakan Steven Spielberg.

Spielberg hanya meraih dua piala dari 12 nominasi lewat filmnya "Lincoln" yang bercerita mengenai Presiden Abraham Lincoln dalam perjuangannya melawan perbudakan dan perang sipil AS.

Piala Oscar juga sangat berarti bagi Anne Hathaway yang meraih titel pertamanya dalam ajang penghargaan insan film tertinggi di dunia itu sebagai Pemain Pendukung Terbaik dalam "Les Miserables".

Film asal Austria "Amour" terpilih menjadi Film Bahasa Asing Terbaik.

"Amour" merupakan film berkisah pilu pasangan tua dengan suami yang mendampingi istri melawan stroke. Film itu juga mendapatkan berbagai penghargaan di Eropa dan AS.

Austria menggenapi prestasi melalui Christoph Waltz yang menjadi terbaik untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik. Dia berperan sebagai dokter gigi yang menjadi pencari bonus dalam film fantasi pembalasan perbudakan "Django Unchained" karya Quentin Tarantino.

Prestasi itu merupakan pencapaian Waltz yang kedua setelah pada tahun 2010 memenangi gelar yang sama melalui "Inglorious Basterds" arahan sutradara Tarantino.

Malam penghargaan Oscar rupanya menjadi milik Tarantino setelah film "And boy this time, did I do it!"yang disutradarainya menjadi Skenario Asli Terbaik.

Sementara itu, Kisah Animasi Terbaik diraih oleh "Brave" produksi Pixar.

Pemenang Oscar dipilih secara rahasia oleh 5.800 anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences. (A061)

Pewarta: Reuters

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013