Kepolisian Daerah (Polda) Maluku kembali melakukan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu 2024 berupa surat suara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru dan Buru Selatan (Bursel).

"Hari ini kami kembali mengamankan dan mengawal pendistribusian logistik pemilu ke Pulau Buru yakni untuk KPU Buru dan Bursel," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, Ambon, Rabu.

Pengawalan surat suara dimulai dari Pelabuhan Peti Kemas Ambon oleh tim Satgas Preventif, Kamseltibcarlantas, dan Banops Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku.

Pengiriman logistik pemilu tersebut akan ditempuh melalui jalur laut dari Pelabuhan penyeberangan Galala, Kota Ambon. Logistik surat suara diangkut menggunakan truk.

"Surat suara untuk KPU Buru yang dikawal sebanyak 192 koli dan  Buru Selatan sebanyak 107 koli," ujarnya.

Mantan Kapolres Aru dan Tual ini berharap pengawalan distribusi logistik pemilu berjalan aman dan lancar hingga tiba di gudang penyimpanan milik KPU setempat.

Baca juga: Polda Maluku kawal distribusi surat suara presiden ke tiga kabupaten

Sebelumnya, Polresta Pulau Ambon dan PP Lease mengawal pembongkaran sebanyak 2.235 Koli surat suara pemilu DPD RI yang akan didistribusikan ke kabupaten kota di Maluku.

Ribuan koli surat suara DPD ini disalurkan ke Kabupaten Buru sebanyak 195 koli, Kabupaten Buru Selatan 106 koli, Kabupaten Kepulauan Aru 147 koli, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar 180 koli.

Selanjutnya, Kota Tual sebanyak 128 koli, Kabupaten Maluku Barat Daya 127 koli, Kabupaten Maluku Tengah 631 Koli, Kabupaten Maluku Tenggara 185 koli, Kabupaten Seram Bagian Barat 305 koli, dan Kabupaten Seram Bagian Timur 219 koli.

Sementara itu, pembongkaran peti kemas yang berisikan surat suara Pemilu DPD RI Tahun 2024 untuk Seram Bagian Barat sebanyak 306 koli, satu dos isi 500 lembar ditambah tuna netra sebanyak tujuh dos dengan rincian enam dos berisikan 100 lembar dan satu dos berisikan 58 lembar dari dalam peti kemas ke dalam mobil truk.

Baca juga: Polresta Ambon kawal pembongkaran dan distribusi surat suara DPD RI

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024