Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut), memastikan pengawalan hingga pengamanan kotak surat suara di 10 kabupaten/kota di Malut pada Pemilu 2024 hingga saat ini masih berjalan lancar dan masih dalam kondisi kondusif.

Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Irwan Thamsil dihubungi, Selasa, mengatakan, saat ini dalam tahap pelipatan dan sortir surat suara oleh petugas KPU hingga sampai ke TPS – TPS dilaporkan belum ada kendala.

Oleh karena itu, Polda Maluku Utara bertugas untuk melakukan pengawalan dan pengamanan untuk hal itu.

"Tugas polisi melakukan pengawalan, sampai di TPS dan sampai saat ini pengamanan dari tahap pendaftaran sampai tahap kampanye hingga saat ini masih berjalan dengan baik, lalu situasi kamtibmas pun kondusif," ujarnya.

Dia menyebut, saat ini KPU kabupaten/kota sedang melakukan pelipatan dan peryortiran apabila ada kerusakan maka secara berjenjang mereka akan meminta pergantian dan setelah pergantian itu sebelum pergeseran kotak suara itu sudah lengkap.

Baca juga: Polda Malut nyatakan kesiapan amankan pemilu 2024

Sebelumnya, menyatakan kesiapan dalam mengamankan pelaksanaan pemilu tahun 2024 secara aman dan demokratis, tanpa ada gangguan apapun.

Wakapolda Malut, Brigjen Pol Samudi dihubungi terpisah mengatakan, berbagai macam kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024 di Maluku Utara agar dapat berjalan aman dan lancar serta memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi cara tindak di lapangan.

Bahkan, dalam kesempatan tersebut melalui Wakapolda memaparkan capaian kinerja Polda Maluku Utara dan jajaran di tahun 2023, mulai dari bidang pembinaan, operasional hingga pengamanan Pemilu 2024.

Dia menjelaskan, sebelum pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kieraha dimulai, Polda Maluku Utara telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka cipta kondisi dan mempersiapkan pengamanan seperti Deklarasi Damai, Latihan Sispamkota, Deklarasi Cinta Damai masyarakat Maluku Utara serta Latihan Pra Operasi.

Baca juga: Polda Malut minta masyarakat bijak gunakan media sosial jelang Pemilu 2024

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024