Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 2024 jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon melakukan upacara tabur bunga dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha Ambon. 

Kegiatan tabur bunga dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku (Kemenkumham) Hendro Tri Prasetyo didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Jayanta Surbakti beserta Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon Abduraab Ely beserta seluruh jajaran di Kantor Imigrasi Ambon.

Turut hadir pada acara itu yakni Pimpinan Tinggi di lingkungan  Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku  dan para Kepala unit pelayanan terpadu (UPT) se-Pulau Ambon  beserta perwakilan pegawai di jajaran Kanwil Kemenkumham Maluku.

Kakanwil Kemenkumham Hendro Tri Prasetyo seusai meletakan krans bunga mengatakan, kegiatan s hari ini ke taman makam pahlawan Kapaha dalam rangka  memperingati hari bhakti Imigrasi yang ke-74.

"Kegiatan ini ada korelasinya, khususnya buat pahlawan  yang telah mendahului kita, yang berjuang bagi bangsa dan negara ini  menjadi semangat bagi kita, terutama menjaga perbatasan wilayah  yang mereka sudah tegakan," ujarnya.

"Karena para pejuang  ini sudah mengorbankan  nyawanya untuk menegakan NKRI, tentunya kita harus menjaga, Imigrasi sebagai pintu gerbang  merupakan petugas yang bertanggungjawab  untuk menjaga pintu gerbang kita," kata dia.

Sedangkan puncak perayaan hari bhakti Imigrasi ke-74 pada  26 Januari 2024 untuk Provinsi Maluku akan dipusatkan di Kantor Imigrasi Tual dengan pertimbangan Tual membawahi wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain seperti Timor Leste, karena wilayah kerjanya sampai di Wonreli dan juga perbatasan dengan Australia.

Oleh sebab itu, kita pusatkan disana karena marwah dari Imigrasi  adalah penjaga pintu gerbang. Apalagi di daerah itu  sudah ada perlintasan   yang sekarang sesuai undang-undang diserahkan kepada  Pemerintah setempat, tetapi nanti kita akan ajukan pos Imigrasi disana terutama di Pulau Lirang.

Dia menambahkan, kegiatan menyambut hari Bhakti Imigrasi di tahun ini di Maluku bukan saja tabur bunga atau syarah yang kita laksanakan hari ini, tetapi ada juga beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yakni layanan paspor, layanan sosial yakni donor darah.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024