Ambon (Antara Maluku) - Asosiasi Pengusaha Obat Alat Kesehatan dan Laboraturium (Apokeslab) Indonesia dan Yayasan Dua Generasi Jakarta menggelar kegiatan pengobatan gratis bagi warga Ambon, Maluku.

Kegiatan bertajuk "Indonesia Sehat, Maluku Cerdas" itu dipusatkan di Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat.

Ketua Apokeslab Indonesia, Pieter Tobias Pattiasina mengatakan, kegiatan pengobatan gratis dilakukan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Kesehatan merupakan hal penting sehingga kami bersama Yayasan Dua Generasi melakukan bakti sosial yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kecerdasan masyarakat," katanya.
   
Menurut dia, tenaga dokter yang melayani warga Ambon berasal dari Jakarta dan Palembang.

"Mereka dengan sukarela menyisihkan tenaga, waktu, dan meteri untuk menyukseskan kegiatan ini," ujarnya.

Kegiatan ini selain dilakukan di Negeri Batu Merah, direncanakan juga digelar di Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Sabtu (27/4).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apresiasi positif bagi penyelengaraan bakti sosial tersebut.

"Penyelenggara telah menunjukkan sikap kepedulian kepada masyarakat. Kegiatan bakti sosial sangat menyentuh nilai kemanusiaan," katanya.

Ia mengatakan, tingkat kesehatan masyarakat di Ambon cukup baik dan berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menempati peringkat enam secara nasional.

Tetapi di sisi lain masih ada 6,8 Persen masyarakat miskin yang memerlukan pelayanan kesehatan gratis.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013