Ambon (Antara Maluku) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ambon diminta melakukan penambahan jaringan pipa air bersih untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Ambon yang hingga kini belum menikmati air bersih secara baik.

"PDAM sebaiknya melakukan evaluasi khususnya di daerah-daerah permukiman padat penduduk untuk mengganti pipa yang rusak atau bila perlu menambah," kata Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Ambon Rofik Afifudin, Selasa.

Menurut dia, hasil pengamatan yang dilakukan Komisi II DPRD Kota Ambon mendapati banyak jaringan pipa PDAM di sejumlah lokasi tidak berfungsi dengan baik sehingga masyarakat sulit mendapatkan air bersih.

Dia mencontohkan, di kawasan Air Mata Cina, Kelurahan Manggadua, Kecamatan Nusaniwe, banyak masyarakat mengeluh sebab pipa jaringan yang ada macet atau tidak berfungsi.

"Air tidak mengalir sehingga masyarakat terpaksa harus membeli air dengan harga cukup mahal," ujar Rofik.

Selain itu, lanjutnya, ada juga di beberapa lokasi yang airnya mengalir hanya satu kali dalam waktu 7-10 hari.

Keluhan masyarakat seperti itu, menurut Rofik. sudah pernah disampaikan kepada Pimpinan PDAM tetapi sampai sekarang belum ditanggapi.

"Kalau tidak juga ditanggapi maka fraksi kami akan mengusulkan kepada Komisi II untuk memanggil pimpinan PDAM Ambon untuk membahas masalah ini," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013