Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) menggandeng BPJS Kesehatan memberi jaminan Kesehatan kepada seluruh petugas penyelenggara pemilu serentak tahun 2024 kabupaten/kota di Malut.

Anggota KPU Provinsi Malut Safrina Rahma Kamaruddin di Ternate, Selasa, mengatakan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan presepsi atas terbitnya surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2024, serta petunjuk teknis terkait jaminan kesehatan bagi petugas penyelenggara pemilu.

Menurut Safrina saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) surat edaran bersama (SEB) pelaksanaan skrining dan optimalisasi petugas pemilu dan pilkada tahun 2024 di ruang rapat kantor BPJS, Jln. Cempaka kelurahan Maliaro Tanah Tinggi Ternate Selasa (6/2).

Rakor yang diprakarsai oleh BPJS Kesehatan Cabang Ternate ini, dihadiri KPU Malut, Bawaslu Malut, KPU Kota Ternate dan Pemda kota Ternate.

Dirinya menjelaskan, KPU intensif menjaga seluruh penyelenggara pemilu hingga di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk rutin menjalani tes kesehatan.

Sementara itu, sejumlah kabupaten/kota di Malut menggandeng Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan bagi penyelenggara pemilu.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Kota Ternate, M Zen Karim mengatakan, untuk tahapan pelaksanaan pungut hitung pemilu serentak 2024 membutuhkan energi dan kondisi Kesehatan prima, sehingga penyelenggara pemilu akan dilakukan pemeriksaan Kesehatan guna menjaga kebugaran," kata Ketua KPU Kota Ternate, M Zen Karim di Ternate, Minggu.

Menurut dia, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan bagi penyelenggara pemilu, sehingga saat masa pencoblosan 14 Februari hingga pungut hitung sampai di tingkat PPK kondisi Kesehatan penyelenggara tetap sehat.

Oleh karena itu, dirinya berharap seluruh penyelenggara pemilu di tingkat KPPS untuk tetap menjaga Kesehatan, sehingga tahapan pencoblosan hingga pungut hitung, seluruh petugas diberi Kesehatan yang bugar, agar dapat menjalankan seluruh tahapan dengan baik.

Di samping itu, kata M Zen A Kari, pihaknya perkuat kapasitas KPPS mulai berbagai persiapan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini. Salah satunya memperkuat petugas dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) perhitungan suara.

Kegiatan ini dilaksanakan pekan lalu, setelah para petugas dilantik dan Bimtek ini sendiri diikuti sekitar 3 ribuan peserta untuk KPPS yang tersebar di kecamatan berada di wilayah Kota Ternate.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU gandeng BPJS beri jaminan Kesehatan petugas penyelenggara

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024