Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pulau Ambon dan PP Lease melaksanakan apel pergeseran pasukan yang akan melakukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) serentak  2024.

Apel pasukan yang digelar di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu, dipimpin Penjabat Wali Kota Ambon  Bodewin M. Wattimena dan bertindak sebagai komandan Apel adalah AKP La Maru.

Dalam apel tersebut, Pj Wali Kota Ambon bersama Kapolresta dan Dandim 1504, melakukan pengecekan kesiapan personel yang akan bertugas dalam pengamanan Pemilu.

Mereka juga menyerahkan perlengkapan logistik kepada personel secara simbolis, sebagai bentuk dukungan dan persiapan yang matang untuk pelaksanaan tugas tersebut.

Apel pergeseran pasukan pengamanan TPS ini merupakan langkah strategis dalam memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilu  2024 di Kota Ambon.

"Kami berharap dengan persiapan yang matang dan sinergi antara semua pihak terkait, pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis," ujar Bodewin.

Sementara Kapolresta Ambon, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim menekankan pentingnya peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu.

"Kami siap mengawal dan menjaga jalannya Pemilu dengan profesionalitas dan integritas. Namun, kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berperan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif selama masa Pemilu," ungkapnya.

Tercatat sebanyak 2.647 personel gabungan terdiri dari personil Polresta Ambon, BKO Polda, pleton Brimob sebagai pleton siaga dan linmas yang akan dilibatkan dalam Pengamanan Pemilu tahun 2024 kali ini.

"Dengan semangat gotong royong dan kerja sama antara pihak kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, diharapkan pelaksanaan Pemilu  2024 di Kota Ambon dapat berjalan sukses dan damai," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan Apel tersebut Dandim 1504/Ambon Letkol Inf. Leo Octavianus M. Sinaga, Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisuta, Kajari Ambon, Ketua Pengadilan Ambon, Ketua Bawaslu Ambon, Ketua KPU Kota Ambon, Ketua Kementerian Agama Kota Ambon, serta PJU Polresta Ambon.

Kemudian seluruh personel Polresta Ambon, Linmas, Pol PP, petugas Damkar, dan Personil BKO Polda Maluku yang akan dikerahkan untuk pengamanan Pemilu.
Penjabat Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Wattimena didampingi Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease Kombes Pol Dryano Andri Ibrahim SH. S.Ik sementara menginspeksi pasukan pengamanan Pemilu 2024. (7/2) (ANTARA/HO/Polresta)

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024