Kepolisian Daerah Maluku memberangkatkan sebanyak 58 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Pengamanan Pemilu 2024 ke Kepolisian Resor Seram Bagian Timur menggunakan Kapal Motor Cantika Lestari 99 dari Pelabuhan Slamet Riyadi, Ambon, Jumat.

"Kami kembali mengirim sebanyak 58 orang personel BKO Pengamanan Pemilu dari Polda Maluku ke Polres Seram Bagian Timur," kata Kepala Bidang Humas Polda Maluku Komisaris Besar Polisi M. Roem Ohoirat di Ambon, Jumat.

Puluhan personel tersebut akan mengawal pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 14 Februari 2024.

“Para personel itu nantinya akan dibagi dalam dua kekuatan, yaitu pengamanan TPS dan siaga penuh di Markas Polres SBT," ujarnya.

Baca juga: Polda Maluku tempatkan 695 personel untuk amankan TPS

Ia mengimbau seluruh elemen masyarakat dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, baik menjelang hingga berakhirnya pemilu serentak. Masyarakat juga diingatkan untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

"Berbeda pilihan itu hal yang biasa, namun jangan karena perbedaan itu lalu putus tali silaturahmi dengan keluarga. Mari sambut pemilu dengan gembira karena ini adalah pesta demokrasi. Tidak ada yang namanya kalah ataupun menang dalam pesta demokrasi, siapa pun yang terpilih nanti maka dialah pemimpin kita bersama," ucapnya.

Sebelumnya, Polda Maluku telah menyiapkan sebanyak 1.046 personel untuk pengamanan Pemilu 2024, dengan perincian 487 personel mengawal polres/polresta dalam pengamanan TPS dan 559 personel mengawal polres/polresta dalam tugas siaga markas komando.

Selain itu, sebanyak 90 personel TNI dari Kodam XVI/Pattimura akan disiagakan untuk membantu Polri selama tahapan pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung.

Baca juga: Polda Maluku turunkan 127 personel pengamanan pemilu ke daerah

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024