Kepolisian Daerah (Polda) Maluku berangkatkan sebanyak 127 orang personel yang ditugaskan sebagai pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Polres Maluku Tenggara (Malra), Polres Tual, dan Polres Kepulauan Aru.

Ratusan personel tersebut diberangkatkan menggunakan KM. Tidar dari Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon.

"127 orang personel BKO pengamanan Pemilu dari Polda Maluku sudah dikirim ke Polres Maluku Tenggara, Polres Tual dan Polres Kepulauan Aru," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, di Ambon, Rabu.

Untuk Polres Malra, Polda Maluku menempatkan 25 personel BKO. Sementara Polres Tual 67 orang dan Polres Kepulauan Aru sebanyak 35 orang personel.

"Para personel itu nantinya di masing-masing Polres akan dibagi dua, yaitu pengamanan TPS dan siaga penuh di Polres setempat," katanya.

Baca juga: Polda Maluku tempatkan 695 personel untuk amankan TPS

Juru bicara Polda Maluku ini mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, baik menjelang hingga berakhirnya Pemilu serentak. Masyarakat juga diingatkan untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu tidak bertanggung jawab.

"Berbeda pilihan itu hal yang biasa, namun jangan sampai karena perbedaan itu lalu putus tali silaturahmi dengan keluarga kita, tetangga kita, dan masyarakat,” ujarnya.

“Mari kita sambut Pemilu dengan gembira, karena ini adalah pesta demokrasi. Tidak ada yang namanya kalah ataupun menang dalam pesta demokrasi, siapa pun yang terpilih nanti, maka dialah pemimpin kita bersama," ia menambahkan.

Sebelumnya Polda Maluku telah menyiapkan personel sebanyak 1.046 dengan perincian 487 anggota mengawal Polres/ta dalam pengamanan TPS dan 559 mengawal Polres/ta dalam tugas siaga Markas Komando.

Sebanyak 559 personel mengawal Polres/ta dalam tugas siaga Markas Komando. Selain itu, sebanyak 90 personel TNI dari Kodam XVI/Pattimura akan disiagakan dalam membantu Polri selama tahapan pemungutan suara pemilu 2024 berlangsung.

Baca juga: Polairud Polda Maluku waspadai ancaman keamanan daerah pesisir jelang Pemilu

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024