Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah menerima bantuan fasilitas olahraga berupa bola kaki berstandar FIFA dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

"Bantuan bola berstandar FIFA ini berjumlah 28 buah dan tentunya ini bentuk dukungan pemerintah pusat dan PSSI untuk mengembangkan sepak bola di Maluku," ucap Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Dijelaskannya dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, Maluku Tengah menjadi salah satu Kabupaten yang diharapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga dapat mengembangkan sepak bola.

"Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Maluku Tengah adalah kabupaten di Maluku yang paling banyak menyumbangkan pemain-pemain di level nasional, bahkan di Kabupaten Maluku Tengah ada beberapa klub yang sudah bersaing di kancah nasional," kata Rakib.

Bahkan kata dia banyak pesepak bola Maluku jenjang usia dini hingga yang berkarir di liga Indonesia pun berasal dari Maluku tengah.

"Kita tahu Tulehu salah satu desa penghasil pemain sepak bola berbakat dari Maluku. Apalagi Tulehu sendiri menyandang status kampung sepak bola satu-satunya di Indonesia," katanya.

Oleh sebab itu Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa yang sekaligus merupakan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Maluku Tengah mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga serta PSSI yang sudah memperhatikan perkembangan olahraga khususnya sepak bola di Kabupaten Maluku Tengah.

"Bantuan ini tentu sangat berharga bagi anak-anak kami, karena banyak dari mereka membutuhkan fasilitas seperti ini untuk mencapai cita-cita menjadi pesepak bola profesional," tuturnya.

Rakib Sahubawa berharap dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat tentunya Maluku Tengah akan berbenah di bidang olahraga terkhusus untuk sepak bola.

Pembinaan beberapa cabang olahraga yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah sejauh ini adalah salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam membangun minat olahraga di Kabupaten Maluku Tengah.

"Terlebih lagi sudah terbentuk satu dinas yang menaungi pemuda dan olahraga, semoga Maluku Tengah bisa berkembang lagi ke depannya di bidang pemuda dan olahraga," kata Sahubawa.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024