Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) meluncurkan program gerak buku dan obat murah bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Peluncuran program inovasi ini telah kami niatkan dan kami yakini akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Maluku Tengah, khususnya bagi mereka yang membutuhkan," kata Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa di Ambon, Senin.

Ia menjelaskan bahwa program inovasi yang diluncurkan saat ini merupakan langkah strategi kongkret dari 15 prioritas kerja selama satu tahun kepemimpinannya sebagai penjabat bupati.

Pj bupati juga mengatakan, program ini mencakup beberapa inisiatif penting, di antaranya adalah gerai buku dan obat murah untuk kaum dhuafa, santunan dhuafa, santunan kematian dan pelayanan gratis pengantaran jenazah bagi masyarakat kurang mampu.

”Inovasi-inovasi ini kami rancang dan implementasikan dengan tujuan utama untuk memberikan bantuan dan pelayanan yang lebih baik kepada mereka yang membutuhkan, serta guna memperkuat ikatan sosial dalam daerah," katanya.

Menurut Rakib Sahubawa, gerai buku dan obat murah adalah salah satu upaya untuk memastikan bahwa akses terhadap buku-buku dan obat-obatan tidak hanya terbatas pada mereka yang mampu secara finansial.

"Tapi kami percaya dengan memperluas akses ini dapat mendorong pembelajaran dan Kesehatan yang lebih baik pada kalangan masyarakat yang kurang beruntung," katanya.

Selain itu, katanya, melalui santunan dhuafa dan santunan kematian, serta pelayanan gratis pengantaran jenazah bagi masyarakat kurang mampu, merupakan langkah kongkret untuk memastikan bahwa setiap warga tanpa memandang latar belakang ekonominya, mendapatkan penghormatan terakhir dengan pelayanan yang layak dan bermartabat.

Rakib juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjalin persatuan dan kesatuan, menjaga stabilitas keamanan agar terus kondisif, serta berpartisipasi aktif dalam menyukseskan agenda demokrasi Pemilihan umum yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024