PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki meresmikan terbentuknya Komunitas Kendaraan Listrik pertama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Peresmian Komunitas Kendaraan Listrik pertama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, merupakan upaya terus mendorong dan menggencarkan penggunaan kendaraan listrik di Maluku, kata General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula di Ambon, Selasa.

Ia menyatakan peresmian Komunitas Kendaraan Listrik menjadi corong memperkenalkan gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan atau Electrifying Lifestyle ke masyarakat luas.

"Kami melihat bahwa tren kendaraan listrik perlahan mulai meningkat di Maluku, dari sini kita mulai menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat pula, bebas dari emisi, serta mengurangi polusi udara," katanya.

Awat berharap Komunitas Kendaraan Listrik ini dapat mengampanyekan gaya hidup yang ramah lingkungan bagi masyarakat.

Peresmian komunitas ini ditandai dengan disematkannya spanduk oleh manajemen PLN UP3 Saumlaki, disertai mengelilingi taman Kota Saumlaki dengan sepeda motor listrik, scooter listrik dan unicycle listrik.

Manajer PLN UP3 Saumlaki, Hengky Purbo Lesmono menyampaikan latar belakang di bentuknya komunitas kendaraan listrik di samping untuk mengurangi emisi karbon, penggunaan kendaraan listrik dalam kegiatan sehari-hari juga lebih hemat, mudah penggunaannya dan lebih trendi tentunya.

"Kendaraan Listrik tidak berisik, perawatannya murah, gampang di-'charge' di mana saja” ujarnya.

Dia berharap dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik dapat mengurangi polusi dan mendukung program Electrifying Lifestyle, karena lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

“Perbandingannya dapat kita rasakan sendiri saat kita gunakan, bisa hemat 5 kali lipat jika kita gunakan kendaraan listrik dibanding kendaraan yang tergolong konvensional. Ini jauh lebih ekonomis dan menguntungkan kita dalam hal penghematan," kata Hengky.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024