Yogyakarta (Antara Maluku) - Buku berjudul "Sahabat Bicara Mahfud MD" yang berisi penilaian dan harapan 56 tokoh nasional kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu akan diluncurkan di Jakarta, Senin (13/5).

"Sebanyak 56 tokoh menuangkan pandangan mereka dalam bentuk tulisan yang kemudian dikemas dalam sebuah buku berjudul 'Sahabat Bicara Mahfud MD' setebal 500 halaman," kata penyunting buku itu Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, berbagai keputusan penting yang dihasilkan Mahkamah Konstitusi (MK) semasa kepemimpinan Mahfud MD, terobosannya yang penting dalam dunia hukum, kontroversi atas pernyataannya hingga sosok dan pribadinya yang egaliter, berani, dan sederhana dituangkan dalam kumpulan tulisan dari para sahabat tersebut.

"Sejumlah pimpinan lembaga negara dan tokoh-tokoh yang menyumbangkan tulisan akan hadir pada acara tersebut, di antaranya Syafii Ma'arif, Denny Indrayana, Akil Mochtar, Akbar Tandjung, Halim Alamsyah, dan Frans Magnis Suseno," kata Edy yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Selain dihadiri para tokoh dan sahabat, kata dia, peluncuran buku "Sahabat Bicara Mahfud MD" itu juga akan menampilkan orasi kebangsaan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, monolog politik oleh Butet Kartarejasa, dan pembacaan puisi oleh Zawawi Imron.

"Buku itu disunting dan diluncurkan sebagai wujud apresiasi kepada Mahfud MD atas darma baktinya kepada bangsa dari rangkaian pengabdian dan jabatan selama ini. Tentu buku itu juga untuk menstimulus Mahfud MD agar tetap meneruskan pengabdian pada bangsa ini," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013