Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) meminta Bhabinkamtibmas untuk bersama-sama mendukung pemerintah daerah setempat dalam mengembangkan literasi bagi pelajar.

Kapolres Halmahera Utara AKBP Moh Zulfikar Iskandar S.I.K ketika dihubungi dari Ternate, Senin, menyatakan, kehadiran Bhabinkamtibmas bukan saja memelihara kamtibmas, tetapi bersinergi bersama pemerintah setempat dalam mendukung budaya literasi bagi pelajar.

Oleh karena itu, dirinya meminta seluruh Bhabinkamtibas agar dapat memberikan rasa aman kepada anak-anak di sekolah serta bermanfaat dan menambah semangat untuk belajar anak-anak di sekolah.

Selain itu, dirinya telah membuat Program Polisi Sahabat Anak dan telah dilakukan Bhabinkamtibmas di Halmahera Utara yang membagikan buku dan alat tulis untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

Dirinya mencontohkan, salah seorang Bhabinkamtibmas Desa Wosia Bripka Kesner Jabu membagikan buku tulis dan pulpen kepada siswa-siswi SD dan TK yang bertempat di SD Inpres 3 Desa Wosia Kecamatan Tobelo Tengah Kabupaten Halmahera Utara.

Bripka Kesner Jabu selaku Bhabinkamtibmas Desa Wosia Kecamatan Tobelo Tengah juga rutin menyempatkan diri untuk menyambangi anak-anak yang sedang bermain di sekolah di desa binaanya.

Seperti biasanya, kata Kapolres, bertempat di SD Inpres 3 Desa Wosia, kali ini Bripka Kesner Jabu juga memberikan pesan pesan kamtibmas kepada warga setempat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta selalu menjaga kebersihan di lingkungan masing masing.

Dia mengingatkan kepada anak-anak agar selalu waspada terhadap orang yang tidak dikenal.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga memberikan sarana belajar berupa buku dan alat tulis kepada anak-anak murid SD dan TK, hal ini dilakukannya untuk memberikan motivasi agar anak anak lebih giat dalam belajar mengajar.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut, Ramli K Ketika dihubungi berharap agar semua elemen untuk mendukung budaya literasi, terutama dalam pengembangan budaya membaca bagi pelajar di tingkat sekolah dasar.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024