Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Komando Kodim 1504/Ambon memtberkan penyuluhan wawasan kebangsaan pada warga untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program utama non fisik TMMD ke-119 yang dilaksanakan di Dusun Bandari dan Dusun Telaga Pange Pulau Ambon,” ucap Dansatgas TMMD 119 Kodim Ambon Letkol Inf Leo Octavianus Sinaga di Ambon, Senin.

Dansatgas mengatakan selain membangun sasaran fisik kehadiran program TMMD ke-19 di tengah masyarakat juga sebagai fungsi edukasi TNI kepada masyarakat salah satunya terkait wawasan kebangsaan.

“Wawasan kebangsaan adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Di Indonesia sendiri wawasan kebangsaan adalah adalah cara pandang bangsa Indonesia yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yg serba terhubung (melalui interaksi dan interrelasi di lingkungan nasional, regional, serta global.

Baca juga: Satgas TMMD 119 Kodim Ambon buka pelayanan kesehatan 24 jam bagi warga

Sementara itu koordintor tim penyuluh wawasan kebangsaan Pgs. Pasiops Kodim 1504/Ambon Kapten Arm Sugeng Priyanto memberikan materi kepada masyarakat khususnya yang ada di Dusun Bandari dan Dusun Telaga Pange, yang diikuti juga oleh PKL Mahasiswa Terpadu Poltekkes Kemenkes Maluku.

“Materi yang di bawakan yaitu wawasan bela negara dan cinta Tanah Air,” katanya.

Dalam penyampaian materi tersebut, ada empat pilar kebangsaan yang pertama adalah Pancasila sebagai ideologi negara kemudian Undang-Undang 1945 kemudian yang ketiga Bhinneka Tunggal Ika dan yang terakhir persatuan terkait NKRI.

“Itu penting disampaikan kepada masyarakat dan para pelajar sebagai generasi penerus agar mereka secara dini dapat memahami pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menjaga bangsa ini dari berbagai ancaman,” kata Kapten Sugeng.

Ia berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan ini, masyarakat khususnya generasi muda penerus bangsa dapat berperan aktif menjaga marwah bangsa Indonesia, tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, tumbuhkan rasa saling tolong-menolong dan rasa senasib sepenanggungan, dan tidak terpecah belah.

Baca juga: TNI bantu warga bangun jalan dan talud pada sembilan lokasi di Kota Ambon

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024