Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) menyebut, dari 10 KPU kabupaten/kota sudah ada enam daerah telah menyampaikan seluruh hasil pleno rekapitulasi hasil Pemilu tahun 2024.

"Untuk hari ini, pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi telah dimulai dan enam KPU kabupaten/kota telah mengawali proses rekapitulasinya," kata Komisioner KPU Malut, Reni S Banjar di Ternate, Kamis.

Dari 10 kabupaten/kota di Malut, enam KPU diantaranya KPU Kota Tidore Kepulauan, Kota Ternate, Pulau Taliabu, Halmahera Timur dan Pulau Morotai telah menuntaskan proses pleno rekapitulasi di KPU Malut.

Sedangkan, empat KPU diantaranya KPU Kabupaten Halmahera Tengah, Halmahera Barat, Halmahera Selatan dan KPU Kabupaten Kepulauan Sula masih melakukan proses pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten.

Dirinya mengakui, memang ada KPU kabupaten yang masih menggelar pleno rekapitulasi dan diharapkan bisa diselesaikan sesuai waktu yang diberikan, sebab, untuk pleno rekapitulasi di KPU Malut dijadwalkan 5-10 Maret 2024.

Kendati demikian, kata Pudja, KPU Malut saat ini telah menerima hasil rekapitulasi kabupaten/kota meskipun proses plenonya belum diselesaikan.

Dirinya mengakui, berdasarkan informasi jika empat KPU kabupaten yang belum menyelesaikan proses pleno rekapitulasinya karena adanya perbedaan angka-angka yang harus diperbaiki baik penyelenggara maupun saksi partai politik.

Sedangkan, untuk dinamika pleno rekapitulasi di KPU Malut, lebih banyak masalah administrasi mulai dari Daftar Pemilih Khusus (DPK) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) menjadi bahan yang dibahas dalam pleno tersebut, tetapi enam KPU Kabupaten/Kota itu telah menyelesaikan.

Di Malut sendiri berdasarkan hasil penghitungan suara melalui laman KPU Malut per 7 Maret 2024, untuk Pemilu Presiden nomor urut 1 Anis-Muhaimin meraih 26.59 persen suara, Prabowo-Gibran 60.89 persen dan Ganjar-Mahfud 12.53 persen.

Untuk DPR-RI dari tiga kursi yang diperebutkan, berdasarkan data yang diterima KPU per 7 Maret 2024, PDIP berada di posisi teratas dengan 69.469 suara (21.45 persen), disusul Partai Golkar 58.415 suara (18.04 persen), PAN dengan 31.477 (9.72 persen) dan posisi keempat ditempati Partai Nasdem dengan 31.415 suara (9.67 persen).

Begitu pula, untuk empat kursi yang diperebutkan di DPD-RI perwakilan Malut posisi pertama sementara diraih Sultan Ternate, Hidayat M Sjah dengan 55.900 suara (16.48 persen), disusul DR R. Graal Taliawo dengan 44.702 suara (13.18 persen), posisi ketiga Hasby Yusuf 39.302 suara (11.59 persen) dan keempat ditempati petahana yakni Namto Roba 31.000 suara (9.14 persen)

Sebelumnya, KPU Malut menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Maluku Utara untuk Pemilu 2024, di hotel Bela Ternate dan sesuai jadwal Rapat Pleno dan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2024 tingkat provinsi dilakukan tanggal 5 hingga 10 Maret 2024.

Rapat pleno terbuka ini dipimpin oleh Ketua KPU Malut Pudja Sutamat, bersama Anggota Buchari Mahmud, Mohtar Alting, Reni SA. Banjar, dan Safrina Rahma Kamaruddin. Turut hadir Sekretaris KPU Malut Efendi Latuconsina.

Hadir Bawaslu Provinsi Maluku Utara, para saksi dari perwakilan Partai Politik, saksi pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, serta saksi DPD. Rapat pleno ini disiarkan secara langsung di kanal Youtube KPU Malut untuk diakses masyarakat luas.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024