Sebanyak 64 kepala keluarga (KK) prasejahtera mendapatkan sambungan (aliran) listrik secara gratis dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Program Light Up the Dream.

Sepanjang Februari 2024, PLN UIW MMU melalui 11 unitnya yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara memberikan sambungan listrik baru secara gratis kepada 64 keluarga prasejahtera.

"Jumlah ini melampaui target PLN UIW MMU, yakni 43 sambungan, sehingga presentasi mencapai 148 persen di Februari 2024," kata General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula di Ambon, Jumat.

Baca juga: PLN UIW MMU telah melistriki 1.030 desa di Maluku dan Maluku Utara

Ia mengatakan Program Light Up the Dream datang dari niat tulus insan PLN di wilayah kerjanya. Hal ini merupakan bukti komitmen bersama PLN untuk mewujudkan energi yang berkeadilan dan pemerataan akses listrik hingga ke pelosok Maluku dan Maluku Utara.

"Kami terus gaungkan Program Light Up the Dream ini hingga capaian luar biasa di Februari 2024," katanya.

Awat menyatakan dengan memberikan akses listrik yang berkeadilan bagi masyarakat, PLN UIW MMU telah berkontribusi dan memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: PLN UIW MMU edukasi siswa dan guru pemanfaatan tenaga listrik

"Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat pakai listrik tidak hanya untuk kebutuhan domestik saja, mereka bisa didorong untuk memulai usaha atau mengembangkan potensi yang ada dengan menggunakan listrik ini," ujarnya.

64 keluarga prasejahtera yang menikmati sambungan listrik gratis ini tersebar di 11 unit, yakni UP3 Ambon sebanyak 19 pelanggan dari target 10, UP3 Masohi 10 sambungan dari target 5 pelanggan.

UP3 Saumlaki dua keluarga, UP3 Sofifi 4, UP3 Ternate 10 dari 8 target pelanggan, UP3 Tobelo 3, UP3 Tual 4, UPK Maluku 6, UP3B Maluku 6 pelanggan, UP2K Maluku dan Maluku Utara 1 pelanggan, kantor wilayah meski tak ada target, terealisasi tiga pelanggan.

Salah satu penerima listrik gratis di Desa Tetewang, Sofifi Maluku Utara Dikson Diga mengucap syukur, karena setelah sekian lama, akhirnya keluarganya melihat terang di rumah.

"Dengan adanya bantuan ini saya sangat bersyukur, semoga dapat mendorong ekonomi keluarga kami dan membantu proses belajar anak-anak ketika sudah di rumah, terima kasih PLN," kata Dikson.


Baca juga: PLN UIW MMU gandeng Polda Maluku-Malut amankan objek vital nasional

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024