PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan edukasi tenaga listrik bagi siswa dan guru di SMAN 13 Ambon, melalui program "PLN Baronda Sekolah".

PLN tak hanya berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dalam menerangi Negeri hingga pelosok tanah air, tetapi juga turut memberikan sumbangsih dalam mencerdaskan generasi bangsa melalui program PLN "Goes to School "dalam tajuk “PLN Baronda Sekolah di SMA 13 Ambon, Kamis.

General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyatakan, program PLN Baronda Sekolah merupakan salah satu program prioritas, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ketenagalistrikan dan mengedukasi para guru maupun siswa/siswi dalam hal melakukan pemanfaatan tenaga listrik yang berproses dari hulu ke hilir.

PLN berupaya memperkenalkan alur atau proses bagaimana listrik bisa sampai di rumah ataupun sekolah yang harus diketahui oleh pelanggan, dalam hal ini para guru maupun siswa/siswi.

Proses ini katanya, perlu dipahami sehingga dapat mengetahui secara jelas bagaimana listrik bisa digunakan dari pagi hingga malam. Selain itu, juga materi mengenai kenapa listrik itu bisa mengalami gangguan sampai dengan bahaya listrik atau korsleting bisa terjadi.

"Semua ini tentunya yang perlu diedukasi ke mereka, sehingga proses bisnis PLN menjadi familiar dan tidak disalah artikan karena pemahaman yang minim dari pelanggan,” kata Awat.

Baca juga: PLN UIW MMU pastikan sistem kelistikan Maluku aman saat pemilu 2024

PLN UIW MMU juga memperkenalkan produk unggulan yaitu PLN Mobile, aplikasi yang sangat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, menyampaikan keluhan serta mengetahui informasi kelistrikan lainnya yang bermanfaat bagi pengguna.

“Saya rasa ini merupakan salah satu momen tepat memperkenalkan aplikasi PLN Mobile, dimana para siswa dan guru udah familiar dengan dunia digital, sehingga kesempatan ini kami manfaatkan untuk lebih menggaungkan PLN Mobile sebagai aplikasi unggulan yang sangat memudahkan masyarakat, " ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan informasi awal mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN (PMB ITPLN) tahun akademik 2024/2025, yang akan dilakukan sosialisasi serentak mulai 6 Maret 2024.

Diketahui bahwa, ITPLN berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN yang memiliki 4 fakultas dan 13 program studi.

“Terdapat sekitar 250 peluang ikatan kerja PLN Group yang dapat dimanfaatkan calon mahasiswa. Tentu kesempatan ini tidak boleh dilewatkan oleh siswa/siswi yang sudah siap menapaki Perguruan Tinggi ,"kata Awat.

Sementara itu, Kepala SMAN 13 Ambon Ahmad Soleman mengakui, kegiatan ini memberikan manfaat dan berdampak baik bagi para guru maupun siswa/siswi dalam memahami proses bisnis PLN.

“Saya harap ini bukan cuman sekali saja PLN menyapa sekolah kami, namun ada kegiatan lainnya juga dapat dilaksanakan di sini. Terima kasih PLN karena telah memilih sekolah kami untuk melaksanakan program PLN Baronda Sekolah," katanya.

Baca juga: PLN UIW MMU pastikan sistem kelistikan Maluku aman saat pemilu 2024

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024