Manajemen Malut United, tim sepak bola Liga 2 asal Maluku Utara (Malut), akan merayakan keberhasilan lolos ke Liga 1 Indonesia bersama-sama fan di Kota Ternate.

"Rabu (14/3), seluruh tim Malut United akan ke Ternate, selain merayakan lolosnya Malut United bersama fan, akan dilanjutkan pembubaran tim yang berlaga di Liga 2," kata Asisten Manager Malut United Willem Dominggus Nanlohy dihubungi, Senin.

Menurut dia, seluruh pemain ke Ternate untuk merayakan keberhasilan lolos ke Liga 1 bersama masyarakat Maluku Utara.

Hal itu disampaikan seraya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Maluku Utara atas doa dan dukungannya kepada Laskar Kie Raha.

Sementara itu, Sekertaris The Superman Iqbal MB mengatakan akan menyambut kedatangan Ilham Udin Armaiyn dkk di Ternate.

Baca juga: Malut United tetap fokus ke pertandingan di lapangan

"Insya Allah, karena kami dari The Superman pasti siap untuk melakukan penjemputan pemain Malut United, namun akan koordinasi dengan teman-teman yang lain," katanya.

Seperti diketahui, kemenangan dramatis atas Persiraja Banda Aceh dalam perebutan peringkat ketiga sekaligus mendapatkan tiket terakhir promosi ke Liga 1 tahun depan, menjadi suatu kebanggaan bagi manajemen Malut United.

Bahkan, dua kali ketinggalan tapi Laskar Kie Raha berhasil membalikkan kemenangan menjadi 3-2 di babak perpanjangan waktu.

Tandukan Jose Wilkson pada menit ke-115 di masa perpanjangan waktu menjadi pembeda hasil di Stadion Madya, Sabtu (9/3). Skor menjadi 3-2 setelah dalam 90 menit skor berakhir 1-1.

Persiraja unggul lebih dahulu lewat titik penalti oleh Zikri Ferdiansyah (32') dan lewat sepakan penalti pula Frets Butuan menyeimbangkan keadaan 1-1 (45').

Di babak kedua, pelatih Imran Nahumarury melakukan penggantian pemain. Ia menarik keluar Hari Nur Yulianto dan Rafli Selang masuk menggantikan Pramoedya Putra Suhardi menit ke-19 dan memasukkan Jose Wilkson serta Ilham Udin Ramaiyn.

Baca juga: Rebut satu tiket promosi, pemain Malut United siap tunjukkan kemampuan di laga terakhir

Namun, lagi-lagi Persiraja memimpin lewat gol yang mengagetkan bek-bek Malut. Ramadhan membobol gawang Ray Redondo di awal masa extra time.

Pemain pengganti Malut, Dave Mustaine yang masuk menggantikan Wawan Febrianto (60'), meruntuhkan tembok kokoh Persiraja yang dikawal M Fahri melalui tendangan terarahnya. M Fahri melakukan enam kali penyelamatan, dengan lima di antaranya terjadi di babak kedua.

Pemain pengganti menjadi kunci keberhasilan Malut membobol gawang Laskar Rencong. Menerima bola dari tendangan Frets, sundulan Wilkson memecah Stadion Madya. Gol di menit ke-115 tak lagi mampu dibalas oleh Persiraja. Apalagi, sejak menit ke-105 mereka bermain dengan 10 orang ketika Defri Rizki menerima kartu kuning kedua.

Laskar Kie Raha menyudahi perlawanan Persiraja 3-2 dan meraih posisi ketiga Liga 2 2023/2024. Tiket ke Liga 1 pun berada dalam genggaman Malut United, mengikuti jejak tim finalis yang promosi, yaitu PSBS Biak dan Semen Padang.

Baca juga: Malut United ciptakan sejarah sepak bola Maluku usai promosi ke Liga 1

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024