Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku mengimbau perangkat desa dan negeri memanfaatkan dana desa untuk pengembangan sektor pariwisata.

Pemkot Ambon terbatas anggaran untuk memberikan fasilitas secara maksimal, untuk mengembangkan pariwisata di setiap desa dan negeri, sehingga melalui dana desa dapat dimanfaatkan untuk mengelola objek wisata, kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan Permendes Nomor 5 Tahun 2015 menyebutkan prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan desa harus memenuhi empat prioritas utama, yakni pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Penggunaan dana desa untuk pengembangan pariwisata, secara tidak langsung mendukung kegiatan ekonomi masyarakat di lokasi wisata maupun pengembangan seni budaya bagi pembangunan masyarakat.

Selain itu, penggunaan dana desa juga harus mampu meningkatkan kualitas proses perencanaan desa, mendukung kegiatan ekonomi baik yang dikembangkan oleh BUMDes maupun oleh kelompok usaha masyarakat lainnya.

"Jika semua usaha berkembang maka perekonomian desa akan semakin baik, pendapatan semakin meningkat pula dan anggaran bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari aspek pembangunan," katanya lagi.

Pemkot Ambon, katanya pula, telah menyiapkan konsep pariwisata terintegrasi di Kecamatan Nusaniwe, yang akan menjadi wisata unggulan daerah.

Wilayah Kecamatan Nusaniwe memiliki cukup banyak wisata pantai, bukit untuk olahraga paralayang, dan wisata bawah laut.

"Sejumlah objek wisata di semenanjung Nusaniwe, di antaranya Pintu Kota, Puncak Paralayang, Pantai Namalatu, dan Pantai Seri, semua harus dikonsepkan secara terintegrasi untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung," ujarnya pula.

Ia menambahkan, pengembangan sektor pariwisata juga masuk dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Ambon Tahun 2024-2045, sehingga menjadi perhatian bersama untuk mewujudkan pengembangan pariwisata.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024