Tukang parkir di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan di Kota Ambon, Maluku memperoleh peningkatan pemasukan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

 

Hal ini seiring dengan sejumlah pusat perbelanjaan di Ambon mulai dipadati warga untuk yang mau berbelanja kebutuhan lebaran.

 

“Masuk pekan ini, di sini memang sudah mulai padat. Tidak seperti hari-hari biasa yang parkirannya sepi,” kata Tukang Parkir di salah satu pusat perbelanjaan MCM Ambon Saiful, di Ambon, Senin.

 

Volume kendaraan roda dua itu terlihat sudah mencapai badan jalan dan menjadi dua baris parkiran.

 

Boy mengaku, terhitung mulai dari pukul 10.00 WIT sampai dengan 17.00 WIT dirinya telah menghasilkan pemasukan sebanyak Rp600 ribu.

 

“Paling ramai memang, ini baru sampai sore saja saya sudah dapat Rp600 ribu ini, belum lagi sampai malam, bisa mendekati Rp1 juta bahkan bisa lebih,” ujarnya.

 

Menurutnya, kalau pada hari-hari biasa, ia biasanya hanya memperoleh Rp300 ribu per hari. Oleh karena itu, ia mengaku senang dengan adanya volume parkir yang meningkat.

 

“Jadi bagus, membantu saya bisa beli baju Lebaran juga untuk keluarga di rumah,” katanya.

 

Di sisi lain, Saiful juga meminta kepada para pengendara yang memarkirkan kendaraann agar tidak mengunci stang motor serta tidak lupa membawa barang bawaan penting agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan.

 

“Kita memang menjaga motor pengunjung, tetapi kalau ada barang yang tertinggal kan kita bisa saja kita tidak sempat memperhatikan, takutnya hilang, semoga hal begitu bisa diperhatikan para pengendara,” katanya.

 

Senada dengan Saiful, Ali salah seorang tukang parkir di Amplaz Ambon juga mengaku meraup banyak keuntungan jelang  Idul Fitri ini. 

 

“Ya di sini juga ramai sejak pagi tadi. Biasanya animo masyarakat yang datang dengan kendaraan dua bisa terus padat sampai malam hari,” kata Ali.

 

Ali mengatakan, sudah seminggu ini, ia mendapatkan penghasilan lebih. Dari yang hari normal hanya Rp200 ribu per hari, sekarang bisa mencapai Rp1 juta. 

 

Meskipun cuaca yang kadang tidak bersahabat tidak menghentikan antusiasme pengunjung, tukang parkir tetap bersemangat mengatur parkir demi memastikan kelancaran lalu lintas kendaraan. 

 

Dengan adanya peningkatan pemasukan ini, para tukang parkir berharap dapat memberikan kenyamanan dan pelayanan yang lebih baik kepada pengunjung selama masa ramai ini.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024