Kantor Basarnas Ambon menyiagakan peralatan pendukung dan personel untuk mendukung layanan transportasi serta operasional SAR, khususnya di perairan Maluku, menjelang Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1445 Hijriah.

"Guna mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi, khususnya di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya, jelang Idul Fitri, Kantor SAR Ambon bersama stakeholder (pemangku kepentingan) bersama-sama melaksanakan siaga SAR khusus angkutan Lebaran Tahun 2024," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar di Ambon, Rabu.

Sebanyak 108 personel yang tersebar di seluruh unit siaga SAR di Maluku telah disiagakan menjelang Lebaran.

Unit siaga SAR ini terdapat di Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Aru, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Namlea, Kabupaten Buru, dan Pos SAR Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Dia mengatakan semua personel telah disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadi bencana, seperti tempat wisata, pelabuhan, dan bandara.

Kantor SAR Ambon juga menyiagakan alat utama, berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rigit Buoyancy Boat (RBB), Rescue Car, Rescue Truck, Drone Thermal, peralatan selam, peralatan Emergency Kit (medis), dan peralatan Aqua Eye.

"Hari ini pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran dibuka secara resmi oleh kabasarnas secara virtual di Kantor Pusat Basarnas Kemayoran, Jakarta Pusat," ucapnya.

Pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran berlangsung selama 16 hari, terhitung selama 3-18 April 2024.

Kantor SAR Ambon yang tergabung dalam Posko Terpadu Angkutan Mudik Lebaran Provinsi Maluku, nantinya melakukan patroli bergerak setiap hari ke tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan bandara.

"Kami berharap pelaksanaan siaga SAR khusus berjalan dengan lancar, aman, dan semoga tidak ada kejadian-kejadian yang dapat merugikan masyarakat sekitar," kata dia.

Basarnas Ambon juga mengimbau masyarakat Maluku dan sekitarnya yang melakukan mudik menggunakan transportasi laut agar tetap berhati-hati serta tetap mengutamakan keselamatan.

Setelah apel gelar pasukan, Kepala Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar melepas konvoi kendaraan dan personel yang terlibat dalam siaga SAR khusus Lebaran 2024.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024