Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, meminta warga di daerah itu agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama libur Lebaran 2024.

“Kami imbau seluruh warga mari sama-sama kita menjaga kondusifitas keamanan dan kenyamanan selama libur Lebaran 2024,” kata Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Kamis.

Menurut Rakib Sahubawa, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dapat dilakukan dengan menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama di daerah itu.

"Soal kamtibmas ini kami juga sudah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk bersama-sama menjaga iklim lingkungan yang selalu kondusif," kata dia.

Dia berharap situasi kondusif yang kental dengan toleransi juga dijaga secara menyeluruh di wilayah Maluku Tengah dan Maluku secara keseluruhan agar harmonisasi keberagaman dapat tercipta di kabupaten itu.

"Mari kita sama-sama menjaga keamanan, ketertiban demi kenyamanan kita bersama. Budaya toleransi antarumat beragama sebagai kekuatan masyarakat lokal ini harus kita jaga agar tercipta keharmonisan hidup orang basudara," katanya.

Pada momentum Lebaran 2024, ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Maluku Tengah atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan dalam berbagai aspek kehidupan untuk mendukung program pemerintah.

“Saya juga mengajak masyarakat di Maluku Tengah untuk terus bergandengan tangan, saling mendukung, dan berupaya bersama untuk membangun Maluku Tengah yang lebih baik, lebih sejahtera, dan lebih berdaya melalui komitmen dan pengabdian tanpa batas,” tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024