Komunitas The Mulung berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 120 kantong ukuran 100x120 dengan total berat mencapai satu ton di Pantai Passo Pelabuhan Ambon.

Aksi pembersihan kali ini, The Mulung berkolaborasi dengan Clean Hub salah satu komunitas peduli lingkungan asal Jerman.

“Ini kolaborasi volume ketiga, The Mulung juga mengundang beberapa komunitas anak muda atau sebanyak 94 partisipan ikut mengumpulkan sampah,” kata Ketua The Mulung Ivan Lasamahu, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, pada kolaborasi ketiga dengan Clean Hub, ini merupakan kolaborasi berkelanjutan yang berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam sektor lingkungan namun kali ini dengan cakupan yang lebih luas.

“Hal ini juga dapat memberikan informasi bahwa anak muda Kota Ambon juga begitu peduli dan peka terhadap isu lingkungan yang akhir-akhir mencuat,” ujarnya.

Dipilihnya lokasi Pantai Passo Pelabuhan sebagai bagian dari keresahan The Mulung sekaligus memberikan kesadaran bagi masyarakat sekitar bahwa pantai dan laut sekitar mereka yang kian tercemar oleh sampah harus segera ditanggulangi agar tidak bertambah parah.

“Pembersihan ini dilakukan juga untuk mengedukasi masyarakat dan kalangan muda Kota Ambon untuk mulai memberikan penanganan terhadap lingkungan, agar kebersihan dapat terjamin dan kesehatan masyarakat dapat terjaga,” katanya menjelaskan.

Ia berharap, The Mulung dapat meningkatkan kepedulian terhadap kesadaran lingkungan dan tingkatan sosial terhadap generasi yang akan datang.

“Dan semoga semakin banyak anak muda Indonesia khususnya di Kota Ambon bisa memanfaatkan peluang ini untuk mempengaruhi banyak orang untuk melahirkan Kota Ambon bebas sampah plastik,” ucap Ivan.


 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024