Kantor Pos Ambon menyalurkan bantuan pangan beras kepada 87.857 Keluarga Penerima Manfaat yang tersebar di lima kabupaten dan satu kota di Provinsi Maluku.

"Bantuan yang disalurkan berupa 10 kilogram beras medium kepada masyarakat, yang dilakukan dalam tiga tahap terhitung mulai Januari - Maret, dan saat ini dilanjutkan untuk April - Juni 2024," kata Exexutive General Manajer PT Pos Indonesia KCU Ambon, Daniel Situmeang, Kamis

Ia mengatakan, penyaluran bantuan pangan beras saat ini telah terserap sebesar 51 persen untuk periode penyaluran April - Juni 2024.

"Untuk tahap sekarang itu penyaluran untuk April dan Mei, kami harapkan proaktif dari masyarakat untuk mengecek data, sambil kita berkoordinasi dengan badan ketahanan pangan juga Bulog, " katanya.

Mekanisme bantuan pangan yakni beras disediakan oleh Perum Bulog, dan penyalur (transporter) oleh PT Pos Indonesia.

"Proses distribusi sesuai jadwal yang dibuat untuk penyaluran ke masing- masing kelurahan, baik desa maupun negeri di Provinsi Maluku," katanya.

Ia menyatakan, pihaknya memastikan proses penyaluran tepat sasaran dengan melakukan validasi berupa memotret KTP, beras, dan penerimanya sebagai laporan pada pemerintah bahwa beras bantuan tersebut sudah tepat sasaran.

"Kami pastikan bantuan beras tepat sasaran, sesuai nama dan alamat masyarakat yang terdaftar jadi penerima,” katanya.

Penyaluran bantuan yang dilakukan, merupakan upaya pemerintah membantu warga masyarakat kurang mampu tidak kesulitan bahan pangan.

Penerima bantuan adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang datanya dari Kementerian Sosial dan di daerah dari Maluku yakni di Dinas Sosial kabupaten/kota.

Pos Indonesia untuk telah membantu mendistribusikan bantuan sosial di tahun 2023 , setelah sebelumnya, pada 2021 dan 2022, Pos Indonesia juga bertugas untuk menyalurkan bantuan yang sama.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024