Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara meluncurkan dan menyosialisasikan proses tahapan pemilihan kepala daerah gubernur/wakil gubernur secara serentak.
 
Ketua KPU Malut, Mohtar Alting di Ternate, Senin mengatakan motivasi pelaksanaan peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara Tahun 2024 adalah untuk menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat khususnya di Malut dan pelaksanaan pesta demokrasi 2024 telah dimulai.

Peluncuran tahapan pilkada serentak tahun 2024 telah dimulai dan sebagai bentuk sosialisasi, KPU Malut menggelar peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara Tahun 2024, Sabtu (25/5), di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Salero, Kota Ternate Minggu (26/4) malam.

Mohtar berharap pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan baik, aman, damai, dan lancar. Menurutnya, pihaknya akan terus memberikan informasi kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat terkait tahapan dan proses pilkada.

Sementara itu, Pj. Gubernur Provinsi Malut, Samsuddin A. Kadir, secara antusias menyambut baik kegiatan peluncuran tersebut. Kepada penyelenggara, Samsuddin mengingatkan untuk selalu memastikan tata kelola, baik meliputi ketersediaan petugas, parpol, distribusi logistik, dan aspek-aspek pendukung lainnya.

Baca juga: KPU siapkan TPS lokasi khusus demi penuhi hak pemilih di Pilkada 2024

Selain itu, Samsuddin mengajak masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 27 November 2024 nanti. Dia juga mewanti-wanti agar masyarakat pemilih memastikan telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Mari sama-sama kita sukseskan pilkada serentak 2024, dengan aman, damai dan bermartabat, " ujarnya.

Sementara itu, Anggota KPU RI Idham Holik, Nampak menghadiri kegiatan peluncuran tahapan ini, didampingi Ketua KPU Malut, Mohtar Alting, beserta seluruh anggota komisioner KPU Malut.

Hadir pula Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi Malut, Samsuddin A. Kadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Malut, serta seluruh Ketua dan Anggota KPU kabupaten/Kota se-Malut. Tak ketinggalan perwakilan civitas akademika di Malut, partai politik (parpol) peserta pemilu, dan insan pers setempat.

Anggota KPU RI, Idham Holik, menjelaskan tentang progres tahapan pilkada serentak tahun 2024 .

"Mari kita memaknai pentingnya kecerdasan menerima informasi dimasa penyelenggaraan pilkada serentak 2024 ini, mengingat lingkungan kita masih belum bebas dari informasi hoax atau ujaran kebencian, jangan menerima informasi yang sekiranya masih ragu," tutur Idham.

Baca juga: KPU sosialisasikan tahapan pilkada serentak 2024 di Malut
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024