Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat lanjut usia (lansia).
 
Ia menjelaskan peningkatan kepedulian terhadap lansia diperlukan dalam menghadapi bonus demografi Indonesia pada 2030, di mana pada tahun tersebut tidak hanya masyarakat produktif yang jumlahnya bertambah, namun juga masyarakat lansia.

"Di saat itu pula, karena usia di Indonesia semakin panjang, semakin banyak para lansia yang akan ada di Indonesia," kata dia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Aceh Utara, Rabu.
 
Ia mengatakan optimalisasi peran lansia di Indonesia dapat dilakukan jika anggota keluarga berperan dalam merawat dan menyayangi lansia di keluarga masing-masing.
 
Ia mengungkapkan kurangnya peran serta keluarga dalam merawat lansia menyebabkan banyak lansia harus menjalani hidup di panti-panti sosial, bukan bersama keluarga.

Baca juga: Mensos Risma ajak lansia tetap tersenyum
 
"Permasalahannya adalah kami memang siap menerima, namun yang terjadi adalah mereka (keluarga) tidak pernah kemudian menjenguk atau mendatangi mereka (para lansia)," ujarnya.
 
Untuk mencegah hal tersebut, Risma menyebutkan, kepedulian terhadap lansia harus dibiasakan sejak dini, supaya nilai-nilai kepedulian terhadap lansia bisa bertahan hingga dewasa, dan ditularkan kepada anak dan cucu kelak.

"Mari kita bersama-sama untuk lebih memperhatikan lansia, kenapa? karena tanpa mereka kita bukan apa-apa. Tanpa orang tua kita, tanpa guru-guru kita, dan tanpa kemudian orang-orang tua yang lain yang dulu membina kita, kita itu bukan siapa-siapa," ujarnya.
 
Peringatan HLUN tahun ini digelar di Kabupaten Aceh Utara dengan melibatkan 4.982 lansia yang menerima bantuan, berupa pendirian 27 rumah sederhana terpadu (RST), pelayanan kesehatan, seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.
 
Selain itu, pada peringatan yang bertemakan "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat" ini juga melakukan pemenuhan hak sipil para lansia, seperti perekaman KTP elektronik dan kartu keluarga bagi lansia, serta pelaksanaan isbat nikah bagi para lansia yang belum tercatat pernikahan secara administrasi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensos ajak masyarakat Indonesia tingkatkan kepedulian terhadap lansia

Pewarta: Sean Filo Muhamad

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024