Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif mengajak semua pihak bekerja sama mengatasi kerawanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di provinsi itu.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku yang digelar di salah satu Hotel, Kota Ambon.

“Jumlah aparat pemerintah di Maluku masih sangat belum ideal dibandingkan kerawanan yang ada, sehingga perlu kerja sama dan partisipasi semua tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dalam pelaksanaan Pilkada,” kata Lotharia, di Ambon, Selasa.

Menurutnya, seluruh unsur Forkopimda Maluku dan seluruh pejabat terkait di wilayah Maluku harus membangun sinergisitas, solid dan netral. Ini untuk menjamin Pilkada berjalan dengan aman dan damai, serta menghasilkan kepala daerah yang berkualitas di Maluku

"Kita harus profesional,netral dan bekerja dengan maksimal sesuai aturan yang ditetapkan agar Pilkada berjalan sesuai aturan hukum yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, meski dengan kondisi geografis yang cukup ekstrem, namun nyatanya pada Pilpres dan Pileg Februari 2024 semuanya dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut lantaran adanya sinergisitas dan soliditas aparat pemerintah yang kuat sehingga semuanya dapat diatasi.

"Kita sudah dengar bersama bahwa untuk KPU, Bawaslu dan keamanan dari TNI Polri telah mendapatkan anggaran dari pemerintah, maka kita wajib menyelenggarakan dan mengamankan pilkada serentak dengan aman dan damai,” pintanya.

Di sisi lain, Irjen Latif juga menyampaikan bahwa dalam politik semua bisa berjalan dengan dinamis.

"Perbedaan dalam politik itu biasa dan selalu dinamis , yang utama adalah agar semua pihak memberikan pembelajaran politik yang santun, sejuk dan cerdas kepada masyarakat . Mari kita tetap merajut kebersamaan dan persaudaraan dalam persatuan dan kesatuan untuk membangun Maluku yang kita cintai ini," ajak Kapolda.

Ia kembali mengingatkan kepada personel Polri, TNI dan Pemda agar selalu dapat berkolaborasi dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Hal ini sangat penting dilakukan agar pelaksanaan pilkada Maluku dapat berjalan sukses.

"Saya berharap kita semua dapat memastikan kesiapan personelnya sesuai Protap untuk meminimalkan adanya komplain di lapangan akibat anggota yang tidak paham. Saya juga meminta agar pastikan logistik pemilu tetap aman dan dalam pendistribusiannya di lapangan dapat berjalan lancar," ucapnya.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024