Inspektorat TNI Angkatan Darat (AD) melakukan audit penilaian kinerja pada Komando daerah militer (Kodam) XV Pattimura guna mengidentifikasi dan mencegah terjadinya penyimpangan atau kesalahan yang tidak perlu terjadi pada satuan tersebut.

“Ruang lingkup kegiatan pada audit kinerja tahun anggaran 2024, yakni melaksanakan pengawasan terhadap program kerja dan anggaran 2023 yang telah dilaksanakan, serta pengawasan program kerja dan anggaran 2024 yang sedang berjalan," kata Ketua Tim Audit Itjenad Brigjen TNI Agus Firman Yusmono dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa, kegiatan audit kinerja Inspektorat TNI AD merupakan kegiatan independen dan objektif yang dirancang untuk memberikan nilai tambah, guna meningkatkan operasional dan kinerja dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Lanjut disampaikan ketua tim, audit kinerja ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan pendapat, mengenai kewajaran laporan berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh, sehingga tidak terdapat temuan yang berulang, agar kedepannya kinerja satuan menjadi lebih baik.

“Pada program kerja pengawasan 2024, Ketua Tim menjelaskan, Inspektorat TNI AD melaksanakan audit kinerja tahun 2024, dengan menggunakan penggabungan metode current dan post audit. Sasaran audit adalah tata kelola organisasi dan kinerja serta pertanggungjawaban keuangan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus mewakili Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial menyampaikan bahwa, audit kinerja merupakan salah satu fungsi penting dalam pengawasan terhadap kinerja dan pengelolaan anggaran, guna mengidentifikasi dan mencegah sedini mungkin terjadinya penyimpangan atau kesalahan yang tidak perlu terjadi.

“Hal ini sangat penting dilakukan, dalam rangka mewujudkan kinerja Satuan dan pengelolaan anggaran yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel,” tambahnya.

Kepada para Asisten, Dansat, dan Kabalak yang menjadi obyek pemeriksaan tim audit kinerja Itjenad, Kasdam menekankan, untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pelaksanaan kegiatan audit di Satuan masing-masing.

"Berikan bahan, data, maupun informasi yang valid dan akuntabel yang diperlukan, serta dukung tugas tim audit kinerja Itjenad dengan sepenuhnya," tegasnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024