Jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku resmi berganti melalui upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolda Maluku yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Lotharia Latif, kini resmi diserahkan kepada Irjen Pol Eddy Sumitro. Sementara jabatan Koorsahli yang dilepas kini diemban oleh Irjen Pol Hadi Gunawan.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Areis Aminnullah di Ambon, mengatakan, selain Kapolda Maluku, sertijab juga dilakukan untuk sejumlah Kapolda lainnya.

Yakni, Kapolda Sumatra Utara, Bangka Belitung, Bali, Bengkulu, dan Kalimantan Utara. Sertijab juga terhadap Kadiv Propam Polri dan satu pejabat utama yakni staf Ahli Kapolri.

Dikatakan, terdapat 17 perwira tinggi (Pati) Polri yang melaksanakan upacara kenaikan pangkat dan sertijab hari ini.

“Selain sertijab untuk bapak Kapolda Maluku, sertijab juga untuk Kapolda Sumatra Utara, Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, dan Kapolda Kaltara. Ada juga PJU yakni Kadiv Propam, satu staf Ahli Kapolri,” ujarnya.

Irjen Lotharia Latif dimutasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, sebagai Pati Bareskrim Polri untuk penugasan luar struktur. Dia diganti Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan.

Selain Kapolda, Wakapolda Maluku yang belum lama menjabat, Brigjen Pol Stphen M Napium bertukar tempat dengan Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Samudi.

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2024. Telegram ini ditandatangani oleh As SSDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024