Siang itu Abdul Ghaffur pergi ke klinik PT Gelora Mandiri Membangun (GMM) di Halmahera Selatan, Maluku Utara dengan keluhan sakit pada giginya. Gusinya bengkak dan membuat ia kesulitan dalam mengunyah makanan. 

Setelah dilakukan pemeriksaan dan mengajukan beberapa pertanyaan, dr Isna Sari selaku dokter Klinik PT GMM meresepkan obat untuk ia konsumsi.

 Abdul Ghaffur bersyukur perusahaan tempatnya bekerja menyediakan fasilitas kesehatan yang layak bagi dirinya sebagai karyawan, sehingga ia tak perlu khawatir harus menempuh perjalanan jauh jika kesehatannya sedang terganggu.

Namun ternyata, pengobatan dan fasilitas gratis tak hanya dirasakan oleh karyawan dan keluarganya saja. Masyarakat yang bermukim di desa-desa sekitar operasional perusahaan juga dipersilahkan untuk berobat di Klinik PT GMM tanpa dipungut biaya. 

“Manfaat klinik dari PT GMM itu dirasakan, ketika kami punya Puskesmas di sana. Oh obatnya kurang, ya kami lari ke Klinik PT GMM. Dan mereka bikin pelayanan bagus bukan cuma pelayanan kepada karyawannya saja, desa yang lingkaran sawit ini mereka layani semua,” ujar Aten Sahiba, salah seorang tokoh masyarakat di Desa Sekely.

Menurut Aten meski tak dipungut biaya, pihak Klinik PT GMM tetap profesional dalam menjalankan pelayanannya.

“Antara masyarakat sama karyawan tidak ada tidak dibedakan, semua merata.” ujarnya.

Klinik GMM melayani pelayanan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, persalinan dan UGD.  Di sana, operasional Klinik PT GMM dilakukan oleh dr Isna yang dibantu oleh satu tenaga bidan dan tiga perawat. Menurut dr Isna, jadwal pelayanan yang tetap dan ketersediaan obat yang lengkap menjadi magnet bagi masyarakat yang datang untuk berobat. 

“Dari desa terdekat yang berobat di kami, paling dekat di Desa Gane, Sekely, ada yang dari sebrang Pulau Dora. Di sini pengobatannya gratis, tindakan, obat semuannya gratis,” tutur dr. Isna.

Layanan kesehatan gratis dari Klinik PT GMM merupakan upaya PT GMM untuk merespons kebutuhan masyarakat dalam upayanya menjalin hubungan yang harmonis kepada masyarakat sekitar. 

“Kami dari Humas/CSC s responsif, artinya kami menjaga agar keluhan atau kebutuhan masyarakat direspons dengan baik dan cepat. Hubungan kami kini dekat dengan pemerintah desa serta warga, sehingga semua pihak sangat mendukung keberadaan perusahaan dan menjalin hubungan yang harmonis,” tutur Mahdi, Humas PT GMM. 

PT Gelora Mandiri Membangun, yang merupakan bagian usaha dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit dengan komitmen untuk terus membangun sistem pengelolaan perkebunan yang efektif dan efisien, termasuk pelestarian lingkungan hidup melalui program “No Deforestation, No. Peat and No Exploitation”. 


PT GMM berupaya menciptakan sistem dan lingkungan kerja yang mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui program seleksi dan pelatihan serta pembangunan berkelanjutan. (*)

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024