Petenis putri peringkat enam dunia Coco Gauff melaju ke perempat final China Open berturut-turut setelah Naomi Osaka mengundurkan diri karena cedera.

Osaka memenangi set pembuka dengan skor 6-3 dan memimpin break di set kedua sebelum Gauff bangkit dari ketertinggalan 4-3 untuk memenangi tiga gim terakhir set tersebut sebelum Osaka mengundurkan diri karena cedera punggung bawah pada skor 3-6, 6-4.

"Saya tidak yakin apakah itu cedera pinggul atau punggungnya, saya hanya tahu bahwa menjelang akhir ia hampir tidak bisa melakukan servisnya," kata Gauff, dikutip dari laman resmi WTA, Rabu.

"Jadi saya tahu bahwa itu adalah sesuatu yang, pada saat itu, mungkin buruk tetapi mudah-mudahan itu bukan hal yang berlangsung lama."

Dengan kemenangan tersebut, Gauff unggul dalam head to head atas Osaka dengan skor 3-2. Keseluruhan lima pertemuan tersebut terjadi di lapangan keras.

Memasuki pertandingan, Osaka berusaha untuk meraih kemenangan keempat berturut-turut untuk pertama kalinya sejak ia kembali dari cuti hamil.

Setelah saling mematahkan servis lawan untuk mengawali pertandingan, Osaka memperlebar keunggulannya menjadi 3-1 setelah Gauff melakukan dua kesalahan di baseline.

Namun setelah dipatahkan untuk kedua kalinya, Osaka memanggil pelatih untuk mengobrol sebentar tentang pergantian 3-2.

Osaka berhati-hati dengan pergerakannya untuk dua gim berikutnya, dan memanfaatkan permainan Gauff yang lebih rawan kesalahan untuk mendapatkan break ketiga sebelum melakukan servis untuk mengakhiri set tersebut.

Gauff melakukan break untuk membangun keunggulan 2-0 di set kedua, tetapi Osaka dengan tenang bangkit kembali.



Dengan Gauff melakukan servis pada kedudukan 3-3, 30-30, Osaka diuntungkan oleh kesalahan ganda keenam yang dilakukan petenis Amerika itu pada malam tersebut dan melakukan break untuk memimpin 4-3.

Namun, Osaka melakukan kesalahan ganda pertamanya dalam pertandingan tersebut pada break point untuk mengembalikan keunggulannya dan Gauff bertahan dengan skor imbang untuk memimpin 5-4.

Dengan Osaka yang kesulitan untuk mendaratkan servis pertamanya, Gauff bangkit, mematahkan servis juara turnamen major empat kali itu untuk memenangi set kedua.

Osaka segera mengundurkan diri, menyapa Gauff dengan pelukan dan permintaan maaf.

"Menjelang akhir set kedua, saya benar-benar melihat hal itu sangat menghambat pergerakannya," kata Gauff.

"Bahkan jika Anda melihat poin terakhir itu, saya hanya berusaha menjaga bola tetap di dalam karena saya tahu apa yang sedang terjadi. Namun, sejujurnya, saya tidak menyangka dia akan menyerah saat itu."

"Saya hanya mengatakan kepadanya bahwa dia harus bangga pada dirinya sendiri. Itu tidak mudah. Saya pikir ini adalah pertama kalinya dia memenangi tiga pertandingan dalam sebuah turnamen (untuk sementara waktu)," ujar petenis berusia 20 tahun itu.

"Jadi secara fisik, Anda dapat melakukan semua yang Anda inginkan, tetapi kebugaran saat pertandingan berbeda. Semoga saja, dia akan baik-baik saja. Saya rasa dia sudah mendaftar untuk Wuhan."

Gauff yang menjadi semifinalis dalam debutnya di China Open tahun lalu, selanjutnya akan menghadapi petenis kualifikasi asal Ukraina Yuliia Starodubtseva untuk memperebutkan tempat di semifinal pertamanya sejak Berlin.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gauff kembali ke perempat final China Open setelah Osaka mundur

Pewarta: Arindra Meodia

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024