Kapolda Maluku Utara (Malut),Irjen Pol Midi Siswoko mengingatkan seluruh jajarannya bertugas hingga di polres dan polsek untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa yang  harus menjadi panduan dalam pelaksanaan tugas kepolisian.

"Selain itu, seluruh jajaran dalam menggelar upacara hari Kesaktian Pancasila merupakan bentuk penghormatan terhadap Pancasila. Kita harus selalu memegang teguh nilai-nilai tersebut dalam menjalankan tugas," kata Kapolda saat bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Mapolda Malut, Selasa.

Upacara ini dihadiri seluruh Pejabat Utama (PJU) dan personel Polda Malut dengan tema Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.

Selain itu, itu, upacara ini bertujuan mengingatkan kembali pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi seluruh personel kepolisian.

Dalam upacara tersebut, Kapolda memimpin pembacaan Teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta. 

Peringatan ini diharapkan memperkuat komitmen seluruh personel dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di setiap aspek pelayanan masyarakat.

Dirinya mengungkapkan, dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, nilai-nilai Pancasila diharapkan menjadi filter untuk menghadapi tantangan masa depan, dengan semangat Pancasila yang kuat, kita yakin seluruh tantangan dapat diatasi, termasuk di Malut.

Dia menyebut, hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang kembali bagaimana Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkan.

Kapolda berharap, hari Kesaktian Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk bersama-sama bergotong royong merawat dan mengamalkan Pancasila untuk Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024