Ambon (Antara Maluku) - Mendagri Gamawan Fauzi atas nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melantik Gubernur - Wagub Maluku terpilih pada 10 Maret 2014.

Said Assagaff yang terpilih menjadi Gubernur Maluku dikonfirmasi, Selasa, mengatakan, Mendagri menjadwalkan pelantikannya dan Wagub Zeth Sahuburua setelah Presiden menandatangani SK tertanggal 26 Februari 2014.

"Saya mengonfirmasi Kemendagri soal SK Presiden maupun jadwal pelantikan oleh Mendagri barulah kembali ke Ambon hari ini (Selasa)," ujarnya.

Kepastian jadwal pelantikan Gubernur - Wagub Maluku hasil pilkada putaran kedua pada 14 Desember 2013, sekaligus mementahkan berbagai isu bahwa proses ini ditangguhkan hingga 2015.

"Jadi politisasi yang digalang segelintir oknum dengan memprovokasi masyarakat bahwa Presiden tidak menyetujui Said - Zeth pimpin Maluku termentahkan dengan diterbitkannya SK pada 26 Februari 2014," tegasnya.

Pelantikan pasangan "SETIA" itu diproses KPU Maluku dengan menyerahkan berkas penetapan gubernur - wagub terpilih hasil pilkada putaran kedua pada 14 Desember 2013. Penetapan pasangan "SETIA" sebagai pemenang pada 3 Februari 2014.

Maluku saat ini dipimpin Penjabat Gubernur Saut Situmorang yang dilantik pada 23 Oktober 2013.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014