Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak dua satuan setingkat kompi (SSK) polisi dikerahkan untuk mengamankan penyelenggara konvensi nasional calon presiden (Capres) Partai Demokrat di Kota Ambon pada 11 Maret 2014.

Kapolres pulau Ambon dan pulau - pulau Lease, AKBP I Gede Bintang Juliana, Selasa, mengatakan, pengamanan dilakukan masing - masing satu SKK personel Samapta dan Brimob Polda Maluku.

"Pengerahan personel dikoordinasikan dengan Polda Maluku melalui Direktur Operasional, Kombes Pol. Martuani Siregar," ujarnya.

Pengamanan dilakukan sesuai prosedur tetap (Protap) karena para peserta konvensi adalah calon pimpinan Indonesia.

"Jadi pengamanan konvensi sinergis antara Polres pulau Ambon dan pulau - pulau Lease dengan Polda Maluku sesuai arahan Kapolda setempat, Brigjen Pol. Murad Ismael," kata Kapolres.

Dia mengharapkan stabilitas keamanan kondusif paska pelantikan Gubernur - Wagub Maluku oleh Mendagri, Gamawan Fauzi, kemarin (10/3) tetap dipelihara masyarakat karena ini merupakan kehormatan untuk provinsi ini.

"Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi untuk memelihara stabilitas keamanan hendaknya dipertahankan karena merupakan syarat guna mendukung kelancaran mekanisme pemerintahan, mendorong percepatan pembangunan dan mengoptimalkan pelayanan sosial," ujar Kapolres.

Dia menambahkan, pengamanan juga dilakukan untuk "pesta rakyat" menyambut Gubernur - Wagub Maluku periode 2014 - 2019 yang digelar di lapangan Merdeka Ambon pada Selasa (11/3) malam.

Sejumlah artis nasional akan memeriahkan pesta rakyat tersebut yang diprogramkan untuk menghibur masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya.

"Ambon aman merupakan tanggung jawab semua komponen bangsa di Kota Ambon," tegas Kapolres.

Konvensi di Ambon dijadwalkan diikuti sembilan peserta yakni Ketua DPR - RI, Dr. Marzuki Alie, Ketua DPD - RI, Dr Irman Gusman, anggota BPK - RI, Dr Ali Masykur Musa, MSi, M. Hum, Rektor Universitas Paramadinah, Prof Anies Baswedan dan Dubes RI untuk Amerika Serikat, Dr Dino Patijalal.

Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Sarundayang, Mantan panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Endiartono, mantan Menteri Perdagangan, Gita Irawan Wiryawan serta mantan Menpora dan sekarang menjadi anggota DPR RI Fraksi Demokrat Hayono Isman.

Sedangkan, Menteri BUMN, Dahlan Iskan dan mantan Kasad, Jenderal TNI (Purn) Pramono Edi Wibowo berhalangan.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014