Ambon (Antara Maluku) - Menko Perekonomian Hatta Rajasa akan membuka Rakernas Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang dijadwalkan berlangsung di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 25 Maret 2014.

Ketua Presidiun Pengurus Pusat PMKRI Lidya Natalia Sartono dalam pernyataan pers diterima Antara, di Ambon, Jumat, mengatakan kehadiran Hatta Rajasa untuk membuka Rakernas ke-VII yang dihadiri perwakilan dari 66 cabang PMKRI seluruh Indonesia.

"Rakernas dengan tema Penguatan Kapasitas Organisasi Melalui Kaderisasi Intelektual Populis Demi Terwujudnya Solidaritas Kebangsaan akan dibuka secara resmi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa," katanya.

Menurut Lidya, keinginan Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk hadir dan membuka Rakernas tersebut disampaikan saat bertemu Pengurus Pusat PMKRI bersama panitia pelaksana di kantor Kementerian Perekonomian.

Rakernas untuk membahas program organisasi secara nasional dalam dua tahun masa kepengurusan PP PMKRI tersebut, akan diawali seminar nasional untuk membedah persoalan kebangsaan dari berbagai perspektif oleh sejumlah pembicara, termasuk Hatta Rajasa yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional tersebut.

Tokoh lainnya yang akan menjadi pembicara yakni mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli, Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Isran Noor, (Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen (FORMAPPI) Sebastian Salang, Romo Augustinus Setyo Wibowo dan mantan Ketua Mahkamah Agung sekaligus Ketua Dewan Pers Bagir Manan.

Selain itu Stanislaus Kostka Sularto, Josep Antonius Ufi, Dr. Darmin OFM, Ketua Bappeda Maluku Antonius Sialoho dan Kadis Pendidikan Nasional Maluku Semy Risambessy.

Ketua Panitia Pangarah Rakernas PMKRI, Lambertus Leftungun mengatakan, berbagai persiapan Rakernas telah dilaksanakan panitia, kendati dirasakan cukup berat mengingat Langgur merupakan daerah yang jauh dari Kota Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku serta terbatasnya sarana transportasi.

"Panitia cukup kesulitan terutama anggaran yang dibutuhkan untuk menyukseskan kegiatan nasional ini, tetapi kami bersyukur semua delegasi bersedia hadir dan mendukung pelaksanaannya di Langgur," katanya.

Sedangkan Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun menyatakan Pemkab dan seluruh masyarakat di kabupaten tersebut memberikan dukungan penuh demi suksesnya kegiatan nasional tersebut.

Dia berharap kehadiran Menko Perekonomian memberikan efek ganda terhadap kemajuan pembangunan di Maluku Tenggara, terutama peningkatan perekonomian masyarakat di masa mendatang.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014