Ternate (Antara Maluku) - PSSI menyatakan permintaan maaf kepada masyarakat Ternate, Maluku Utara (Malut), atas pembatalan pertandingan timnas U-19 tahun melawan Persiter Ternate U-19 tahun dalam tur nusantara tanggal 24 Maret 2014.

"PSSI pusat melalui surat nomor 334/PGD/19/III-2014 tertanggal 20 Maret 2014 yg ditandatangani Sekjen PSSI Joko Driyono, yang ditujukan kepada Asprov PSSI Malut dan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Malut atas terjadinya penundaan pertandingan ujicoba antara Timnas U-19 melawan Persiter yangrencananya berlangsung tanggal 21 Maret, kemudian ditunda 24 Maret 2014," kata Sekretaris Persiter, Hasbi Yusuf di Ternate, Sabtu.

Oleh karena itu, masyarakat Ternate dan Malut akan menyaksikan kedua tim ini berlaga pada tour nusantara Jilid II, bulan Juni mendatang.

Ia mengatakan, jadwal resmi yang dirilis PSSI, seharusnya uji tanding Persiter melawan Timnas U-19, dilaksanakan tanggal 21 Maret di stadion Gelora Kieraha Ternate.

"Itu adalah jadwal resmi yang dikeluarkan PSSI, hanya saja ada masalah teknis di Balikpapan, sehingga jadwal Timnas harus berubah dan tim Persiter, dijawalkan akan bertanding melawan Timnas U-19 pada bulan Juni mendatang," ujarnya.

Menurut Hasby, PSSI sangat mengapresiasi kesiapan Persiter dalam menjalani pertandingan uji coba tersebut, sebab, sudah memenuhi semua yang telah diminta Badan Tim Nasional (BTN) seperti perbaikan lapangan, lampu stadion, infrastruktur bahkan tim Persiter sendiri telah siap.

Tetapi, PSSI meminta maaf karena jadwal Timnas U-19, harus mengalami perubahan pada saat tour Kalimantan tepatnya di Balikpapan.

Meski mengalami penundaan yang cukup lama, Hasby mengaku, tim Persiter yang telah menjalani pemusatan latihan selama kurang lebih sebulan terakahir ini, akan terus dipertahankan dengan tetap melakukan latihan.

"Intensitasnya yang dikurangi, tapi tim Persiter ini, tidak dibubarkan, bahkan dalam bebrapa waktu yang akan datang, pelatih masih punya kesempatan untuk kembali merekrtut pemain-pemain baru yang potensial, sehingga bulan Juni nanti, Persiter lebih siap lagi menghadapi Timnas U-19 dan kita berharap, kemenangan Persiter pada tahun 2012 lalu saat mengalahkan Timnas U-17, bisa terulang," ujarnya.

Sebelumnya, jadwal tur Nusantara Timnas-19 berakhir tgl 21 Maret, dengan lawan tanding Persiter Ternate, namun jadwal tersebut, terpaksa harus dirubah karena insiden Balikpapan, dimana saat pertandingan, lampu stadion padam dan pertandingan diundur hingga tanggal 21 Maret.

Dimana jadwal awalnya adalah untuk Persiter. Sementara jadwal yang dikeluarkan PSSI melalui BTN, usai melakoni pertandingan dengan Persiba Balikpapan, Timnas U-19 akan melakukan recovery (pemulihan) yg cukup untuk persiapan Umroh dan Tour ke Timur Tengah pada 31 April mendatang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014