Ambon (Antara Maluku) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Maluku pada 2014 membuka dua pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP) baru untuk membina atlet berbakat dan berprestasi secara berkesinambungan.

"Tahun ini kami membuka lagi dua PPLP baru yakni untuk cabang taekwondo dan karate mengingat potensi atletnya sangat besar dan prospeknya menggembirakan untuk mengangkat nama daerah," kata Kepala Dinas Dikpora Maluku Semmy Risambessy, di Ambon, Senin.

Menurut Risambessy pembukaan dua PPLP baru tersebut didasari hasil uji coba atlet pelajar Maluku pada beberapa kejuaraan taekwondo dan karate tingkat nasional yang digelar di berbagai daerah dalam beberapa tahun terakhir.

Hasil terakhir pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2013 di Kalimantan Timur, beberapa atlet pelajar yang diterjunkan untuk uji coba di cabang taekwondo dan karate mampu menyumbangkan medali bagi Maluku.

Berdasarkan hasil tersebut, Dikpora Maluku kemudian mengusulkan pembentukan PPLP taekwondo dan karate ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hasilnya disetujui.

"Saat ini pembentukannya sudah memasuki tahapan seleksi untuk menjaring masing-masing 10 siswa yang memiliki bakat dan kemampuan di cabang taekwondo untuk dilatih secara berkesinambungan," katanya.

Dia mengakui, potensi Maluku di dua cabang olahraga keras tersebut, sangat besar dan tercatat sebagai cabang olahraga prioritas pembinaan oleh Koni Maluku maupun kabupaten/kota.

"Kami berharap melalui pembinaan intensif, berjenjang dan terarah melalui PPLP, para atlet pelajar dapat mengukir prestasi gemilang dan mengharumkan nama daerah di berbagai kejuaraan nasional maupun internasional," katanya.

Dikpora Maluku sebelumnya telah mengembangkan empat PPLP yakni tinju, sepak bola, dayung dan atletik. Dalam 15 tahun terakhir, atlet-atlet pelajar daerah ini mampu mengukir prestasi gemilang di berbagai kejuaraan.

"Sebagian besar atlet PPLP selalu terpilih mewakili Maluku pada pekan olahraga nasional (PON) dan mampu menyumbangkan medali emas, perak maupun perunggu," katanya.

Pengembangan dua PPLP tersebut bekerja sama dengan induk cabang olahraga masing-masing, terutama dalam perekrutan atlet berprestasi serta pelatih yang dipercayakan untuk menanganinya.

Ke depan, pihaknya juga akan melihat peluang di cabang olahraga lainnya untuk membuka PPLP baru, dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014