Ambon (Antara Maluku) - Asosiasi Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Wilayah Maluku akan menyiapkan peserta terpilih program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) asal daerahnya sebelum berangkat ke negara tujuan masing-masing.

"Ini program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, dari hasil seleksi kemarin di Ambon, ada lima orang yang terpilih jadi kami akan menyiapkan mereka sebelum berangkat ke negara tujuan masing-masing," kata Ketua PCMI Maluku Aditya S. Retrabun di Ambon, Sabtu.

Dikatakannya lima orang peserta PPAN asal Maluku akan disiapkan melalui pelatihan pra keberangkatan (Pre Departure Trainning - PDT) tingkat lokal selama beberapa hari, di mana para peserta akan dilatih bermacam-macam, termasuk pemantapan pengetahuan terhadap kebudayaan daerah.

PDT ini sendiri dimaksudkan agar para peserta tidak hanya bisa menjalankan misi yang harus dijalankan dari program PPAN, tetapi juga agar mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan dan budaya di negara tujuan masing-masing.

"Biasanya sebelum berangkat para peserta PPAN harus mengikuti PDT di Jakarta, tapi kami juga akan membuatnya di tingkat lokal agar peserta dari Maluku lebih matang dan benar-benar siap ketika tiba di negara yang mereka tuju karena misi yang mereka bawa berbeda-beda," ucapnya.

Lebih lanjut Aditya mengatakan, dari enam negara tujuan yang ditentukan dalam program PPAN, tahun ini Maluku mendapatkan jatah kunjungan ke empat negara, yakni Kanada, Australia, Korea Selatan (Korsel) dan Malaysia, dengan lama waktu kunjungan yang berbeda-beda.

Dijelaskannya peserta PPAN tujuan Kanada dan Australia akan diberangkatkan pada Oktober 2014, sedangkan untuk tujuan Korsel dan Malaysia akan berangkat sekitar Agustus - September 2014.

"Dari Maluku ada dua orang yang berangkat ke Kanada, sisanya hanya satu orang yang Korsel, Australia dan Malaysia. Waktu tinggal di tiap negara berbeda-beda, yang paling lama di Kanada, sekitar tujuh bulan, berikutnya Australia enam bulan," ujarnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014